Trending

Saripudin inspirasi warga Sungai Limau tanam cabai - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Kotabaru (BERITAJA.COM) - Salah satu warga  Desa Sungai limau Kecamatan Pulau Laut Timur Kotabaru, Kalimantan selatan, sangat menginspirasi bagi penduduk lain untuk meningkatkan kesadaran dalam memanfaatkan pekarangan rumah untuk di tanami cabai.

"Ide ini awal mulanya prihatin terhadap nilai lombok nan mahal dam masyarakat selalu beli, lampau saya mencoba menanam," Kata Saripudin di Sungai Limau, Kamis

Menurut dia,tanaman cabe tidak kudu di area nan luas, namun bisa memanfaatkan pekarangan rumah dan di sekitaran rumah.

" Saya memanfaatkan bahu jalan dengan memakai metode tanam sistem berpolibek," Katanya.

Budi daya cabe milik Saripudin memakai bahu jalan dengan sistem polibek di Desa Sungai Limau Kecamatn Pulau Laut Timur beberapa waktu lampau (BERITAJA.COM/HO- PPl Pulau laut Timur)

Dengan keterbatasan lahan tidak menyurutkan niat untuk tetap trampil dalam beradab daya cabe apalagi tanaman cabe nan di miliki mencapai 500 Polibek.

" sekali panen bisa mencapai 10 kilo setiap minggunya," ujar Udin

Ia juga menjelaskan, bisa meraup untung hingga tiga juta rupiah dalam kurun waktu satu bulan tergantung nilai cabai.

Udin juga mendorong bagi ibu ibu untuk melakukan budi daya cabe di laman rumah alias pekarangan rumah, secara tidak langsung apa nan menjadi kebutuhan dapur sehari-hari bakal terpenuhi sehingga dapat mengurangi biaya hidup dan bakal lebih hemat.

"syukur syukur bisa menjual ke pasar secara langsung dan bakal meningkatkan pendapatan keluarga," terangnya

Budi daya cabe milik Saripudin memakai bahu jalan dengan sistem polibek di Desa Sungai Limau Kecamatn Pulau Laut Timur beberapa waktu lampau (BERITAJA.COM/HO- PPl Pulau laut Timur)

Pekarangan rumah dapat dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan dan kemauan masing-masing. Misalnya dengan menanam tanaman produktif seperti tanaman buah buahan, sayur mayur, ramuan dapur dan lain lain nan mempunyai nilai ekonomis.

Udin berharap, apa nan di lakukan bisa menjadi contoh dan semangat bagi penduduk nan mempunyai lahan lebih luas dan dapat di per gunakan bercocok tanam seperti dirinya.







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close