Trends

Sandiaga Uno usul 20 negara dapat bebas visa kunjungan ke RI - Beritaja

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
beritaja.com

Kemenparekraf mengusulkan 20 negara dengan (jumlah) visitor mancanegara tertinggi, di luar negara luar bebas visa kunjungan.

Jakarta (BERITAJA.COM) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengusulkan 20 negara untuk mendapatkan bebas visa kunjungan ke Indonesia agar lawatan visitor mancanegara dapat meningkat dan memberikan pengaruh pengganda perekonomian.

“Kemenparekraf mengusulkan 20 negara dengan (jumlah) visitor mancanegara tertinggi, di luar negara luar bebas visa kunjungan,” kata Sandi setelah rapat di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis.

Sebanyak 20 negara itu ialah Australia, China, India, Korea Selatan, Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Jerman, Qatar, Uni Ermirat Arab, Arab Saudi, Belanda, Jepang, Rusia, Taiwan, Selandia Baru, Italia, dan Spanyol. Dua negara lainnya, Sandi menyebut merupakan negara dari Timur Tengah.

“Yang merupakan 20 teratas penyumbang visitor mancanegara ke Indonesia, termasuk juga beberapa negara Timur Tengah, yang berangkaian dengan investasi,” ujar Sandi.

Baca juga: Pergerakan orang pada libur Natal dan Tahun Baru capai 200-250 juta

Menurutnya, dengan penambahan 20 negara bebas visa kunjungan itu, maka bakal meningkatkan kunjungan visitor mancanegara yang bakal menambah konsumsi domestik, menarik investasi dan juga membuka lebar pengembangan ekonomi digital.

“Menyasar high spender, alias pariwisata berbobot khususnya yang berangkaian dengan lama tinggalnya mereka di Indonesia dan dari segi shopping ke ekonomi lokal,” kata dia.

Usulan 20 negara tersebut telah diajukan ke Presiden Joko Widodo. Setelahnya, Presiden Jokowi menugaskan jejeran kementerian agar menyempurnakan usulan tersebut.

“Satu bulan ke depan bakal finalisasi dan setelah itu kami bakal dapat pengpetunjukan dari Presiden dan kebijakan itu bakal ditindaklanjuti dengan imigrasi,” ujarnya.

Baca juga: Sandiaga akui bentrok Hamas-Israel tak berakibat pada kunjungan wisman

Sejalan dengan itu, kata Sandiaga, Kementerian BUMN juga telah mengusulkan 13 airport yang diprioritaskan untuk menampung kunjungan visitor mancanegara.

“Kementerian BUMN mengusulkan 13 airport  diprioritaskan untuk menampung kunjungan visitor mancanegara,” kata Sandiaga.

Indra Arief Pribadi
Editor: Mahfud
COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023





Baca Juga:
  • Bahasa Banjar Translate dan Artinya
  • Pantun Bahasa Banjar
  • 10 Tanda Baca dalam Alquran
  • Terkini! Waktu Sholat Banjarmasin
  • Lengkap A-Z, Rekomendasi Nama Nama Bayi Laki Laki Islami dan Artinya
  • Lengkap! A-Z, Nama Nama Bayi Perempuan Islami dan Artinya


  • Kategori:



    Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di



    close