Trending

Sandi: Wisman pelanggar hukum dideportasi hingga dilarang masuk - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Akan kami tindak tegas. Pelanggar bakal kami deportasi dan seandainya dideportasi lantaran pelanggaran, tadi usulan Menko (Maritim dan Investasi Luhut B. Pandjaitan) adalah di-banned (dilarang masuk) sekian waktu

Jakarta (BERITAJA.COM) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengungkapkan, visitor mancanegara (wisman) nang melanggar norma di Indonesia bakal ditindak tegas, mulai dari dideportasi hingga dilarang masuk ke Indonesia dalam beberapa waktu.

"Akan kami tindak tegas. Pelanggar bakal kami deportasi dan seandainya dideportasi lantaran pelanggaran, tadi usulan Menko (Maritim dan Investasi Luhut B. Pandjaitan) adalah di-banned (dilarang masuk) sekian waktu," ujar Sandiaga dalam sesi jumpa wartawan, Senin.

Sandiaga menegaskan, visitor mancanegara nang melanggar norma sebenarnya hanyalah segelintir orang. Pihaknya pun telah memetakan persoalan nang ramai menjadi perbincangan beberapa waktu belakangan.

"Dalam periode satu tahun setelah Bali dibuka, lebih dari 6 juta nang masuk Indonesia, sebagian ke Bali kebanyakan adalah nang patuh. Ada segelintir nang melanggar norma dan ini sudah terpetakan. Hanya mungkin nggak tersampaikan dengan lugas, bakal kami tindak tegas," ujarnya.

Ia pun membocorkan dalam rapat koordinasi nang digelar pagi tadi dengan Menko Luhut Binsar Pandjaitan untuk mengedepankan pariwisata Indonesia nang berbobot dan berkelanjutan.

Sementara mengenai pengenaan pajak bagi visitor mancanegara, Sandiaga menyebut belum membicarakan lebih lanjut.

"Belum. Tadi baru lebih ke pengawasan dan penertiban," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) mengatakan bakal melakukan penertiban sektor pariwisata di Bali mulai dari penindakan pelanggaran ketertiban umum, pajak turis masuk hingga seleksi terhadap WNA dari negara nang kerap bermasalah.

Menurut Luhut, Bali kudu kembali pada peta jalan transformasi pariwisata dari mass tourism ke pariwisata berbobot (quality tourism), terutama menyusul viralnya video visitor asing nang adu mulut dengan polisi saat ditilang di Bali.

Dalam waktu dekat setidaknya kami bakal konsentrasi menindak beragam corak pelanggaran ketertiban umum nang dilakukan. Lebih daripada itu, saya juga meminta agar segera direalisasikan inisiatif penerapan pajak bagi turis nang masuk ke Indonesia,” kata Luhut.



COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close