Trending

Saham Hong Kong jatuh tertekan ketegangan China-AS, saham China naik - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Indeks referensi Hang Seng di Hong Kong ditutup turun 0,7 persen, dan China Enterprises Index tergelincir 0,9 persen.

Shanghai (BERITAJA.COM) - Saham Hong Kong jatuh pada akhir perdagangan Selasa, dipimpin oleh ekuitas teknologi, lantaran meningkatnya ketegangan China-AS merusak sentimen investor.

Di China, saham naik lantaran kekuatan berkepanjangan dalam ekuitas mengenai kepintaran buatan dan perusahaan milik negara melawan kelemahan di tempat lain.

Indeks CSI 300 saham-saham unggulan China ditutup menguat 0,3 persen, sedangkan Indeks Komposit Shanghai berhujung naik 0,5 persen.

Indeks referensi Hang Seng di Hong Kong ditutup turun 0,7 persen, dan China Enterprises Index tergelincir 0,9 persen.

China memperingatkan Ketua DPR AS Kevin McCarthy pada Selasa untuk tidak "mengulangi kesalahan masa lampau nang menghancurkan" dan berjumpa dengan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen, nang sedang mengunjungi Amerika Serikat.

Sementara itu, Pemerintahan Presiden AS Joe Biden mengatakan pada Senin (3/4) bahwa pihaknya tidak dapat mengonfirmasi laporan bahwa China dapat mengumpulkan info real-time dari balon mata-mata saat terbang di atas situs militer nang sensitif awal tahun ini, dengan mengatakan bahwa kajian tetap berlangsung.

Saham sektor teknologi di Hong Kong merosot 1,6 persen, dengan Alibaba dan Meituan masing-masing merosot 3,0 persen dan 4,4 persen.

Saham kreator kendaraan listrik China nang diperdagangkan di Hong Kong juga anjlok, menyusul anjloknya saham Tesla di Amerika Serikat. Saham Nio dan XPeng masing-masing terpangkas 7,6 persen dan 6,5 persen.

Di China, saham badan upaya milik negara dan perusahaan semikonduktor memberikan beberapa support ke pasar, sementara sektor nang mengenai dengan daya terbarukan melepaskan sebagian dari untung awal mereka.

Indeks AI CSI China melonjak 2,5 persen ke level tertinggi 14 bulan.

Saham China Railway Group Ltd dan China Communications Construction Co Ltd masing-masing melonjak hingga maksimum 10,0 persen dan 9,3 persen.

Saham Semiconductor Manufacturing International Corp menguat 3,8 persen ke level tertinggi dalam lebih dari setahun.
Berita lain dengan Judul: Saham China jatuh, meningkatnya ketegangan China-AS rusak sentimen
Berita lain dengan Judul: Saham China ditutup naik ditopang perusahaan properti dan teknologi

:
Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close