Trending

Saham Eropa dibuka menguat karena gejolak perbankan mereda - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Bengaluru (BERITAJA.COM) - Saham Eropa memperpanjang pemulihan untuk sesi kedua berturut-turut pada awal perdagangan Jumat, lantaran langkah-langkah support bagi bank-bank di Amerika Serikat dan Eropa meredakan kekhawatiran tentang keruntuhan nang bakal segera terjadi, tetapi indeks bersiap untuk mencatat penurunan mingguan kedua berturut-turut.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa terangkat 0,8 persen pada pukul 08.05 GMT, lantaran ekuitas bank naik 1,3 persen, setelah pengamanan 30 miliar dolar AS oleh bank-bank besar AS untuk pemberi pinjaman nang kesulitan First Republic Bank.

Paket support itu datang kurang dari sehari setelah bank Swiss, Credit Suisse mendapatkan pinjaman darurat dari bank sentral Swiss hingga 54 miliar dolar AS untuk menopang likuiditasnya.

Credit Suisse naik 1,8 persen di awal perdagangan, setelah melonjak 19 persen sehari sebelumnya.

Indeks pemberi pinjaman Spanyol dan Italia masing-masing naik 0,7 persen dan 1,0 persen, tetapi tetap di jalur untuk penurunan tajam mingguan.

Secara keseluruhan, indeks STOXX 600 berhujung pada Kamis (16/3/2023) 1,2 persen lebih tinggi setelah beberapa kali naik turun lantaran pengamanan Credit Suisse mengimbangi kekhawatiran seputar kenaikan suku kembang 50 pedoman poin nang besar oleh Bank Sentral Eropa (ECB).

Keputusan ECB mencerminkan prioritas bank sentral untuk melawan inflasi dan juga menandakan kepercayaan nang kuat pada soliditas bank-bank Eropa, kata kreator kebijakan ECB Prancis, Francois Villeroy de Galhau.

Goldman Sachs menurunkan perkiraan kenaikan suku kembang oleh ECB pada Mei menjadi 25 pedoman poin.

Berita lain dengan Judul: Wall St ditutup menguat, pengamanan First Republic bantu angkat bank
Berita lain dengan Judul: Penyelamatan bank angkat mata duit berisiko di Asia, dolar melemah
Berita lain dengan Judul: Minyak naik dipicu angan permintaan saat ketakutan krisis bank reda

 

:

COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close