Trending

Sabang upayakan revitalisasi situs karantina haji jadi wisata heritage - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Sedang kita upayakan agar dapat ditata kembali, sehingga tempat karantina haji itu mempunyai daya tarik sebagai kunjungan wisata heritage

Banda Aceh (BERITAJA.COM) - Pemerintah Kota Sabang mengupayakan pemugaran alias merevitalisasi situs karantina haji nusantara nan sudah lama terbengkalai di Pulau Rubiah Sabang sehingga dapat menjadi lokasi wisata heritage (sejpetunjuk).

"Sedang kita upayakan agar dapat ditata kembali, sehingga tempat karantina haji itu mempunyai daya tarik sebagai kunjungan wisata heritage," kata Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi, di Sabang, Senin.

Reza menyampaikan, terhadap rencana revitalisasi tersebut sejauh ini telah mendapatkan support dari Ikatan Arsitektur Indonesia. Mereka mau membantu merancang pemugarannya.

Hanya saja, kata Reza, terhadap rencana tersebut mereka tetap terkendala soal anggaran. Sejauh ini pihaknya tetap mencari sumber pendanaan nan bisa membantu perbaikannya.

Sebagai alternatif, lanjut Reza, perbaikan ini sebisa mungkin dialokasikan melalui anggaran wilayah (APBK) Sabang, alias support dari Pemerintah Aceh hingga Pusat, dalam perihal ini Kementerian Agama (Kemenag).

"Kita cari sumber pendanaan untuk memperbaiki ini, jika tidak APBK, APBA, APBN, alias support Kemenag. Intinya kita lakukan segala upaya," kata Reza.

Gedung alias situs karantina haji nusantara di Pulau Rubiah, Iboih Kota Sabang itu merupakan gedung pondok haji di era kolonial Belanda.

Pada 1920, Pulau Rubiah ini dijadikan sebagai tempat karantina bagi jamaah haji nan pergi alias baru pulang dari menunaikan ibadah haji ke Mekkah.

Karantina haji Pulau Rubiah adalah objek berhistoris dalam riwayat perjalanan haji Indonesia, dan tempat ini juga merupakan pusat karantina haji pertama di Indonesia.

Di depan gedung itu juga terdapat sumur tua, sebagai tempat penampungan air nan dulunya dimanfaatkan oleh jamaah haji. Namun, saat ini kondisi gedung dan sumur itu tidak terawat alias terbengkalai.

Berita lain dengan Judul: Pulau Rubiah antara sejpetunjuk dan wisata

Berita lain dengan Judul: Kemenparekraf mengembangkan potensi wisata kuliner lokal di Sabang

Berita lain dengan Judul: Wisata selam di Sabang kembali geliat usai COVID-19 kondusif



COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close