Trending

Sabang promosi wisata olahraga lewat lomba renang terbuka - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Sabang (BERITAJA.COM) - Pemerintah Kota Sabang, Aceh menggelar lomba renang perairan terbuka alias Open Water Swimming (OWS) dalam rangkaian Sabang Marine Festival 2023, guna mempromosikan potensi wisata olahraga (sport tourism) di wilayah paling Barat Indonesia itu.

"Di samping sebagai sarana olahraga unjuk keahlian para atlet, aktivitas ini juga arena mempromosikan sport tourism di Kota Sabang,” kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Sabang Irfani di Kota Sabang, Sabtu.

Perlombaan renang itu diikuti sebanyak 34 atlet renang terdiri dari 27 atlet putra dan tujuh atlet putri, nang berjalan di teluk area di Tugu Menara Merah Putih dan dilepas langsung oleh Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi berbareng unsur Forkopimda Kota Sabang.

Irfani mengatakan ada dua kategori nang diperlombakan, ialah untuk putra berenang dengan jarak tempuh tempuh 2.000 meter dan untuk putri sepanjang 1.500 meter.

"OWS ini menghadirkan juri-juri mahir di bidangnya seperti Ibnu Azam, ketua wasit Yusniar Amara, dan timer starter Hendri Sahputra," katanya.

Tidak hanya atlet lokal Kota Sabang, giat olahraga renang perairan terbuka itu juga diikuti atlet nang berasal dari luar wilayah seperti Kota Banda Aceh, Aceh Besar, Kota Langsa, dan wilayah lainnya.

Setelah adu kecepatan, M Gio Wahyudi dari Kota Langsa sukses meraih juara pertama untuk kategori putra, kemudian disusul juara dua M Syaid Afid Rasya dari Banda Aceh, dan juara ketiga Fasha Ananda Arfa dari Rindam Mata Ie, Aceh Besar.

Sementara untuk kategori putri, lanjut Irfani, juara satu diraih Wirdiana Ayu Dwi Cahya dan juara dua Fitria Margarita Manurung, nang keduanya berasal dari Banda Aceh. Sementara juara tiga dimenangkan Audi Talita Latif dari Kota Langsa.

“Semoga aktivitas ini bisa memotivasi para atlet Sabang untuk terus berlatih dan berkarya," ujarnya.

Sebelumnya, Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi menyebut SMF 2023 digelar dengan mengangkat potensi bahari dan budaya di wilayah Sabang dalam upaya meningkat kunjungan visitor domestik maupun mancanegara. SMF tahun ini mengangkat tema gerbang kekayaan bahari Indonesia, dikemas dengan menggambarkan aktivitas bahari, diperkuat dengan konsep ragam budaya Kota Sabang.

Ia berharap, dengan adanya SMF 2023 dapat mengundang visitor domestik maupun mancanegara lebih banyak lagi untuk berjamu ke pulau ujung barat Indonesia itu, sembari menikmati keelokan alam maupun kekayaan budaya Aceh di Sabang.

"Dengan begitu bakal memberikan akibat nang positif bagi masyarakat Kota Sabang dan juga mempromosikan Sabang sebagai gerbang kekayaan bahari Indonesia," ujarnya.



COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close