Rusia sedang pertimbangkan tantangan buat calon AS pimpin Bank Dunia - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu
beritaja.com

Washington (BERITAJA.COM) - Rusia sedang berkonsultasi dengan sekutunya untuk menantang calon AS untuk memimpin Bank Dunia, perwakilan utama Moskow di bank mengatakan pada Selasa (7/3/2023), sebuah langkah nan dapat mempersulit apa nan diharapkan menjadi proses suksesi nan mulus.

Rusia tetap menjadi personil pemungutan bunyi Bank Dunia, meskipun bank menghentikan semua program di Rusia dan Belarusia Maret lalu, mengutip apa nan disebutnya "permusuhan terhadap rakyat Ukraina" setelah invasi Rusia.

Roman Marshavin, Direktur Eksekutif Bank Dunia nan mewakili Rusia dan Suriah, mengatakan kepada Reuters bahwa "pendaftaran calon potensial dan konsultasi tetap berlangsung," tetapi tidak memberikan rincian. Dia mengatakan keputusan bakal dibuat di Moskow.

Rencana Rusia pertama kali dilaporkan oleh instansi buletin TASS milik negara Rusia.

Mengutip Marshavin nan mengatakan dia sedang berbincang dengan negara lain tentang kandidat nan mungkin termasuk pemodal Rusia dan ahli ekonomi asing, mantan kepala organisasi internasional, serta beberapa mantan menteri finansial dan ketua bank sentral.

Marshavin menolak mengomentari secara spesifik laporan TASS alias negara lain mana nan terlibat.

Presiden AS Joe Biden bulan lampau menominasikan mantan Kepala Eksekurif Mastercard Ajay Banga, 63 tahun, untuk menggantikan David Malpass di pucuk ketua Bank Dunia, nan mengawasi pendanaan miliaran dolar untuk negara-negara berkembang.

Banga, nan melakukan perjalanan di Afrika minggu ini, minggu lampau mengatakan dia telah mendapat support dari India, Ghana dan Kenya. Dia juga mendapat ulasan positif dari Prancis dan Jerman pada pertemuan pejabat finansial Kelompok 20 (G20) bulan lalu, dan pada Selasa (7/3/2023) memperoleh support dari Bangladesh.

Departemen Keuangan AS menolak mengomentari kemungkinan tantangan Rusia.

Sementara bank bakal menerima nominasi dari negara lain hingga 29 Maret, nominasi Biden memastikan bahwa Banga bakal mengisi peran tersebut.

Bank Dunia dipimpin oleh seseorang dari Amerika Serikat, pemegang saham dominan pemberi pinjaman, sejak didirikan pada akhir Perang Dunia Kedua.

Tantangan dari Rusia alias negara sekutu tidak mungkin mengubah hasilnya, mengingat struktur kepemilikan saham, tetapi perihal itu dapat mengungkap ketegangan nan membara antara AS dan negara-negara Barat dan China - pemegang saham terbesar ketiga bank - atas bank dan lembaga finansial dunia lainnya.

:
Guido Merung
COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023





Baca Juga:
  • Bahasa Banjar Translate dan Artinya
  • Pantun Bahasa Banjar
  • 10 Tanda Baca dalam Alquran
  • Terkini! Waktu Sholat Banjarmasin
  • Lengkap A-Z, Rekomendasi Nama Nama Bayi Laki Laki Islami dan Artinya
  • Lengkap! A-Z, Nama Nama Bayi Perempuan Islami dan Artinya


  • Kategori:



    Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
    close