Trending

Rusia ambil tindakan balasan setelah Finlandia gabung NATO - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Istanbul (BERITAJA.COM) - Kremlin pada Selasa memperingatkan bahwa Rusia bakal mengambil tindakan jawaban setelah Finlandia resmi berasosiasi dengan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO).

“Kremlin percaya bahwa perihal ini dapat memperburuk keadaan. Perluasan NATO adalah gangguan terhadap keamanan kami, kepentingan Federasi Rusia. Kami bakal mengambil tindakan jawaban untuk memastikan keamanan taktis dan strategis kami," kata Juru Bicara Kremlin Dmitry Peskov dalam konvensi pers.

Peskov tidak menjelaskan jenis tindakan jawaban nang bakal diambil Rusia dalam menjawab bergabungnya Finlandia ke dalam NATO.

Dia hanya menyebut Rusia bakal mengambil tindakan jawaban nang "dianggap perlu". Menurut dia, Angkatan Bersenjata Rusia bakal melaporkan aktivitas apa saja nang dilakukan NATO di Finlandia.

“Percayalah, militer kami bakal memberi tahu kami tentang segala sesuatunya tepat pada waktunya. Kami bakal mencermati apa nang terjadi di Finlandia, gimana blok Atlantik Utara ini mengeksploitasi wilayah di Finlandia dengan menempatkan senjata, sistem, dan prasarana nang mendekati perbatasan kami nang berpotensi menakut-nakuti kami," tandas Peskov.

Berita lain dengan Judul: Akhiri posisi netral, Finlandia resmi personil ke-31 NATO

"Tindakan jawaban diambil tergantung kepada ini semua," sambung dia.

Finlandia memutuskan berasosiasi dengan NATO setelah Rusia menginvasi Ukraina pada Februari 2022 nang ditempuh Moskow untuk mencegah Ukraina berasosiasi dengan aliansi militer ketua AS itu.

Pada Selasa, Finlandia resmi menjadi personil ke-31 NATO dan mengakhiri posisi netralnya selama puluhan tahun.

Karena Finlandia mempunyai perbatasan sepanjang 1.340 kilometer dengan Rusia maka perbatasan NATO dengan Rusia bertambah menjadi nyaris dua kali lipat.

Berita lain dengan Judul: Rusia serahkan sistem rudal jarak pendek Iskander kepada Belarus

Sumber: Anadolu

:

COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close