Trending

Rupiah meningkat meski sikap The Fed enggan memangkas suku bunga AS - Beritaja

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Jakarta (BERITAJA) - Nilai tukar (kurs) rupiah terhadap dolar AS pada perdagangan Kamis dibuka meningkat meski sikap bank sentral Amerika Serikat (AS) alias The Fed enggan memangkas suku kembang acuannya.

Pada awal perdagangan Kamis pagi, rupiah dibuka naik 15 poin alias 0,09 persen menjadi Rp16.280 per dolar AS dari sebelumnya sebesar Rp16.295 per dolar AS.

"Sikap The Fed semalam terlihat enggan untuk memangkas suku kembang acuannya dan memandang tingkat inflasi AS tetap belum menuju ke sasaran 2 persen," kata pengamat pasar duit Ariston Tjendra kepada BERITAJA di Jakarta, Kamis.

Proyeksi The Fed yang dirilis dinihari tadi juga memperlihatkan bahwa suku kembang referensi AS dipangkas hanya sebesar 25 pedoman poin di 2024 yang artinya hanya sekali.

"Ini lebih rendah dari perkiraan yang beredar di pasar yang dua kali di tahun ini. Sikap the Fed inimampu mendorong penguatan dolar AS lagi terhadap nilai tukar lainnya," ujar Ariston.

Ia memproyeksikan rupiah bergerak di kisaran Rp16.250 per dolar AS sampai dengan Rp16.350 per dolar AS pada perdagangan hari ini.


Editor: Mahfud
Copyright © BERITAJA 2024







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close