Trending

Rumah sakit di Gaza lanjutkan operasi setelah perintah evakuasi Israel - Beritaja

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Gaza (BERITAJA) - Dua rumah sakit bakal melanjutkan operasinya di Kota Gaza pada Kamis setelah terpaksa berakhir beraksi akibat serangan Israel dan adanya perintah evakuasi.

“Rumah Sakit Baptis Al-Ahli dan Rumah Sakit Bantuan Umum bakal melanjutkan layanannya pada hari Kamis,” kata instansi jasa media dalam sebuah pernyataan, Kamis.

Kedua akomodasi kesehatan tersebut sebelumnya terpaksa menghentikan jasa pada Selasa (9/7) menyusul perintah pemindahan dari otoritas Israel untuk masyarakat Kota Gaza.

Tentara Israel juga melancarkan serangkaian serangan udara di sekitar kedua rumah sakit tersebut, sehingga mustahil bagi mereka untuk memberikan jasa medis kepada pasien.

Pasukan Israel juga dilaporkan dengan sengaja dan sistematis menargetkan rumah sakit di Jalur Gaza sebagai bagian dari serangan mematikan yang sedang berjalan di wilayah kantong tersebut.

Mengabaikan resolusi Dewan Keamanan PBB yang menuntut gencatan senjata segera, Israel telah menghadapi kecaman internasional di tengah serangan sadis yang terus bersambung di Gaza sejak serangan Hamas pada 7 Oktober 2023.

Lebih dari 38.300 penduduk Palestina telah terbunuh, sebagian besar korban adalah wanita dan anak-anak, serta nyaris 88.300 lainnya terluka, menurut otoritas kesehatan setempat.

Sembilan bulan setelah perang Israel, sebagian besar wilayah Gaza telah hancur akibat blokade makanan, air bersih, dan obat-obatan yang melumpuhkan wilayah tersebut.

Israel dituduh melakukan genosida di Mahkamah Internasional, yang keputusan terbarunya memerintahkan Israel untuk segera menghentikan operasi militernya di kota selatan Rafah, tempat di mana lebih dari satu juta penduduk Palestina mencari perlindungan dari perang sebelum negara itu diserbu pada 6 Mei.

Sumber: Anadolu

Baca juga: Rumah sakit di Gaza tutup akibat krisis bahan bakar
Baca juga: WHO ingatkan krisis medis mendesak atas perintah pemindahan baru di Gaza

:
Editor: Mahfud
Copyright © BERITAJA 2024







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close