Trends

RPH Surabaya memonitor peredaran daging jelang Ramadhan - BeritAja

Sedang Trending 11 bulan yang lalu
beritaja.com

Surabaya (BERITAJA.COM) - Perusahaan Daerah (PD) Rumah Potong Hewan (RPH) Surya Kota Surabaya memonitor peredaran daging di pasaran Kota Pahlawan, Jawa Timur, menjelang bulan Ramadhan dan Idul Fitri.

"Tim monitoring bergerak di tujuh pasar meliputi Pasar Wonokromo, Pabean, Tambak Rejo, Genteng, Pucang, Kembang, dan Balongsari.  Mereka bekerja memantau nilai daging," kata Direktur PD RPH Kota Surabaya Fajar A. Isnugroho di Surabaya, Rabu. 

Selain tujuh pasar itu, lanjut dia, juga beberapa pedagang nan ada di depan Arimbi (pasar daging) dan Pegirian Surabaya menjadi target.

Dari pemantauan di lapangan, nilai  daging saat ini tetap stabil Rp120.000 per kg.
Guna memenuhi kebutuhan masyarakat menjelang Ramadhan dan Idul Fitri, RPH menyiapkan 8-10 ton stok daging.

"Rinciannya, tiga ton untuk bulan Maret 2023 dan sisanya di bulan April 2023," ujar dia.

RPH berkomitmen menjaga kualitas daging sapi segar untuk masyarakat, terutama pada saat menjelang Ramadhan di akhir bulan Maret 2023. Komitmen itu, diwujudkan dalam corak papan tulisan pada

pedagang di pasar.

"Papan tulisan itu sebagai tanda mitra antara PD RPH dengan pedagang pasar. Tujuannya, agar penduduk Surabaya tidak terjebak ketika membeli daging sapi, rupanya daging nan dibeli tidak berkualitas," kata Fajar.

Fajar menjelaskan, papan itu bertuliskan "Mitra RPH Surabaya. Terjamin aman, sehat, utuh, dan halal". Dengan adanya papan tersebut, kata dia, tentunya kualitas daging sapi nan diambil dari RPH berbobot baik, dan terjamin halal.

Dia memastikan, pedagang pasar nan sudah mendapatkan papan tersebut, daging nan dijual telah tersertifikasi halal, dan penuhi syarat kesehatan dari Pusat Veteriner Farma (Pusvetma).

"Jadi semua pedagang daging sapi nan ada di area Pegirian dan beberapa pasar di Surabaya sudah kami berikan papan tersebut. Kami terus tambahkan itu (papan tulisan) kepada mitra RPH," ujar Fajar.

Alasan memasang papan tulisan itu, lantaran dia tidak mau penduduk salah memilih ketika bakal membeli daging sapi. Menurutnya, tetap ada beberapa pedagang daging di pasar nan disuplai dari luar RPH Kota Surabaya.
 


Guido Merung
COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023





Baca Juga:
  • Bahasa Banjar Translate dan Artinya
  • Pantun Bahasa Banjar
  • 10 Tanda Baca dalam Alquran
  • Terkini! Waktu Sholat Banjarmasin
  • Lengkap A-Z, Rekomendasi Nama Nama Bayi Laki Laki Islami dan Artinya
  • Lengkap! A-Z, Nama Nama Bayi Perempuan Islami dan Artinya


  • Kategori:



    Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di



    close