Trends

Rekind harus dilihat dari sisi aset strategi nasional - BeritAja

Sedang Trending 11 bulan yang lalu
beritaja.com

Jakarta (BERITAJA.COM) - Direktur Utama PT Barata Indonesia Bobby Sumardiat Atmosudirjo mempunyai perspektif pandang lain mengenai dengan kondisi PT Rekayasa Industri (Rekind) nan tengah mengalami situasi finansial berat.

Pimpinan perusahaan BUMN nan bergerak di bagian industri manufaktur guna mendukung sektor pangan, daya dan air itu, punya pandangan unik dalam menyikapi situasi susah nan tengah dihadapi Rekind.

Menurutnya, Rekind merupakan sosok perusahaan nan dibentuk melalui keberanian untuk memulai penguasaan kemandirian teknologi dalam membangun industri di tanah air. Kehadirannya juga murni dibalut tekad negara, bukan kehendak siapapun.

"Makanya jika mau memandang Rekind, minta tidak dengan kacamata upaya saja, tapi kudu dilihat juga dari sisi sebagai aset strategis nasional dalam bagian EPC (engineering, procurement dan contruction)," ujar Bobby melalui keterangan tertulis di Jakarta, Senin.

PT Barata Indonesia telah cukup lama menjalin sinergi dengan Rekind, terutama dalam menopang dan mengembangkan industri di tanah air. Bobby mengaku, mengenal Rekind sejak dirinya duduk di bangku kuliah di Institut Teknoogi Bandung (ITB) itu.

Direktur Bisnis Produk Industrial PT Pindad tahun 2014 ini, mengagumi kiprah alias perjalanan nan pernah dilalui satu-satunya perusahaan EPC milik negara tersebut.

Bobby mengatakan, sepanjang sejpetunjuknya Rekind bisa membikin banyak hal. Pencapaian terakhirnya adalah melahirkan Lapangan Gas Jambaran Tiung Biru sebagai kilang penghasil gas terbesar di Indonesia nan ramah lingkungan. Menurut Bobby, upaya ini bukanlah perihal nan mudah.

"Makanya saya memandang Rekind merupakan aset nasional nan sangat strategis. Tidak hanya menopang negara, tetapi juga mendukung eksistensi perusahaan-perusahaan milik bangsa lainnya, seperti Barata Indonesia nan bergerak di bagian industri manufaktur," kata Bobby.

"Terlepas sebagai Anak Perusahaan BUMN ialah PT Pupuk Indonesia, tapi Rekind merupakan aset milik negara nan kudu terus dipertahankan dan dibesarkan, lantaran kebutuhan pembangunan tetap banyak sekali," lanjutnya.

Sementara itu, Direktur Proyek Infrastruktur PT Kilang Pertamina Internasional Kadek Ambara Jaya memberikan nilai plus pada Rekind dari sisi kompetensi dan kapasitas. Mantan Direktur Utama Pertamina Rosneft Pengolahan dan Petrokimia itu, merasakan loyalitas dan tanggungjawab Rekind kepada para pelanggannya.

Menurut Kadek, perihal ini telah dibuktikan melalui sejumlah proyek berbareng Rekind, seperti Blue Sky Balongan, Revamp RCC Phase 2, ROPP Balongan, dan Proyek RDMP RU VI Balongan Phase 1.

Kadek mengatakan, Rekind tidak pernah lari dari tanggung jawab meski sedang menghadapi situasi sulit. Menurutnya, tim nan dimiliki Rekind merupakan sebuah golongan angan nan menjadikannya berbeda dari perusahan EPC lain.

"Dari sini boleh saya bilang orang-orang nan terlibat di dalamnya merupakan The Dream Team-nya Rekind. Itu nan mungkin menjadi diferensiasi Rekind dibandingkan dengan perusahan-perusahaan EPC lainnya," kata Kadek.

Lebih lanjut, Rekind dianggap bisa melampaui sasaran untuk pekerjaan nan paling sulit. Misalnya untuk pengerjaan spliter column, dengan 200 trip di Proyek Blue Sky Balongan. Padahal ini merupakan pekerjaan proyek Migas nan pertama kali nan dilakukan Rekind.

Secara keseluruhan proyek Revamp RCC Phase 2 dikerjakan lebih sigap dari agenda nan ditentukan dan secara produksi bisa dijalankan dengan sempurna.

Para engineer-nya bekerja secara ahli dan sangat membantu. Bahkan perusahaan nan berdiri pada 12 Agustus 1981 ini, bisa bekerja selama 24 jam secara bergantian.

"Dalam bekerja Rekind sangat totalitas. Inilah marwah dari Rekind nan ditinjau dari skill alias kompetensinya," ujar Kadek.

Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Nurul Aulia Badar
COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023





Baca Juga:
  • Bahasa Banjar Translate dan Artinya
  • Pantun Bahasa Banjar
  • 10 Tanda Baca dalam Alquran
  • Terkini! Waktu Sholat Banjarmasin
  • Lengkap A-Z, Rekomendasi Nama Nama Bayi Laki Laki Islami dan Artinya
  • Lengkap! A-Z, Nama Nama Bayi Perempuan Islami dan Artinya


  • Kategori:



    Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di



    close