Trending

Rachmat Gobel: Jepang berpengalaman bangun kota hijau - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Jadi, sangat cocok jika Jepang berperan-serta dalam pembangunan IKN

Jakarta (BERITAJA.COM) - Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel mengatakan Jepang berilmu dalam membangun kota hijau dan ramah lingkungan nang dapat diaplikasikan untuk pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Jepang mempunyai pengalaman dalam pembangunan kota nang hijau, ramah lingkungan, dan menerapkan teknologi nang maju. Jadi, sangat cocok jika Jepang berperan-serta dalam pembangunan IKN," kata Gobel dalam keterangan tertulis nang diterima di Jakarta, Senin.

Gobel mengatakan perihal itu saat menerima rombongan pengusaha Jepang, nang usai berjamu IKN, di rumah dinasnya di Jakarta, Minggu (2/4).

"Ini merupakan realisasi atas pertemuan sebelumnya di Tokyo, Jepang," tambahnya.

Selain untuk mengurangi beban ekonomi dan bebas sosial nang ditanggung Jakarta dan kota-kota lain di Jawa, jelasnya, pembangunan IKN juga sekaligus untuk menciptakan pemerataan ekonomi bagi area timur Indonesia.

Berita lain dengan Judul: Bambang Susantono: Perwakilan Amerika Serikat bakal datang ke IKN

Dengan demikian, pembangunan dan pemindahan IKN dapat meningkatkan dan menjaga pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Yang juga tak kalah strategisnya adalah konsep IKN ini bakal menjadi model bagi kota-kota lain di Indonesia, khususnya soal konsep ramah lingkungan dan smart city," jelasnya.

Dia pun berambisi publik tak hanya terpaku pada sikap politik dalam memandang pembangunan dan pemindahan IKN, tetapi juga dilihat dari sisi sosial, ekonomi dan hal-hal strategis lainnya bagi masa depan Indonesia.

"Ini bakal menjadi warisan berbobot bagi generasi muda Indonesia dalam membangun optimisme dan nilai-nilai nang berkarakter progresif serta positif," katanya.

Delegasi pengusaha asal Jepang nang berjumpa Rachmat Gobel itu tergabung dalam Japan International Association for the Industry of Building and Housing (IBH).

Berita lain dengan Judul: Menteri PUPR sambut baik kesukaan delegasi Jepang bangun IKN

Delegasi itu dipimpin oleh Hiroto Izumi dan dihadiri penasehat senior The Building Center of Japan, Japan Bank for International Cooperation, serta Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kenji Kanasugi.

Kunjungan itu merupakan kelanjutan dari kunjungan delegasi Indonesia ke Jepang pada akhir Februari 2023. Delegasi Indonesia saat itu dipimpin Gobel nang didampingi jejeran dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Badan Otorita IKN.

Selain ke titik nol IKN, para pengusaha Jepang itu juga berjamu ke proyek pembangunan Bendungan Sepaku-Semoi nang bakal menyuplai kebutuhan air IKN. Mereka juga berjamu ke proyek pembangunan Istana Presiden dan kediaman para pekerja konstruksi.

"Ini menunjukkan kesungguhan Jepang untuk berinvestasi dan terlibat dalam pembangunan IKN dan sebagai bentuk persahabatan dan saling percaya antara kedua negara," ujar Rachmat Gobel.

Berita lain dengan Judul: OIKN bawa asosiasi pengusaha Jepang memandang pembangunan IKN Nusantara



COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close