Trending

PwC Indonesia perkirakan ekonomi Indonesia tumbuh 4,8 persen di 2023 - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

...kami memperkirakan di 2023 pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 4,8 persen,

Jakarta (BERITAJA.COM) - Head of Research and Economics PwC Indonesia Denny Irawan memperkirakan perekonomian Indonesia bakal tumbuh sebesar 4,8 persen secara tahunan pada 2023.

“Mempertimbangkan pelemahan nan moderat dari negara mitra jual beli dan investasi di Indonesia, kami memperkirakan di 2023 pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 4,8 persen,” kata Denny dalam PwC Indonesia Economic Update nan dipantau di Jakarta, Kamis.

Perekonomian pada 2023 tersebut diprediksi bakal lebih lemah dari 2022 nan mencapai 5,3 persen secara tahunan lantaran tekanan inflasi nan tetap berlanjut.

Berita lain dengan Judul: Indef: Penggunaan AI dukung percepatan pertumbuhan ekonomi Indonesia

Ia memperkirakan inflasi pada 2023 bakal sebesar 4 persen secara tahunan alias tetap berada di kisaran sasaran Bank Indonesia nan sebesar 3 plus minus 1 persen.

Untuk menahan laju inflasi tersebut, Bank Indonesia diperkirakan tetap bakal meningkatkan suku kembang referensi BI 7 Days Reverse Repo Rate menjadi 6,25 persen sampai akhir 2022.

Konsumsi dalam negeri diperkirakan tetap menjadi penyumbang utama pertumbuhan ekonomi, ialah hingga lebih dari 50 persen, sehingga ekonomi Indonesia dapat memperkuat dari goncangan dunia nan berakibat terhadap investasi dan perdagangan.

Hanya saja, investasi nan masuk ke Indonesia bakal sedikit melambat di 2023 lantaran lima negara asal investasi asing terbesar di Indonesia tidak mengalami pelemahan ekonomi nan signifikan.

“Jadi meskipun investasi dan juga perdagangan dapat mengalami pelemahan, nan bisa membawa pelemahan bagi pertumbuhan ekonomi di 2023, kami tetap memperkirakan pelemahan nan terjadi berkarakter moderat,” katanya.

Berita lain dengan Judul: Bambang Brodjonegoro: Ekonomi Indonesia perlu tumbuh 6 persen

Sementara itu, menurutnya, pemerintah bisa menjaga pertumbuhan ekonomi dengan menggunakan Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (SILPA) Tahun 2022 untuk disalurkan di 2023.

Untuk 2024 dan 2025, dia memperkirakan ekonomi nasional tetap tumbuh sebesar 5,1 persen setiap tahun.



COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close