Trending

Pupuk Kaltim rekrut 41 anak dari Papua Barat - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Ada 50 anak nan lolos pendidikan, setelah tamat ada 41 anak langsung direkrut

Manokwari (BERITAJA.COM) - Dinas Pendidikan Provinsi Papua Barat mengatakan sebanyak 41 anak dari Papua Barat telah direkrut BUMN PT Pupuk Kalimantan Timur alias Pupuk Kaltim.

Kepala Bidang SMK Dinas Pendidikan Papua Barat Arius Mofu di Manokwari, Sabtu, mengatakan puluhan anak nan direkrut itu telah menyelesaikan pendidikan vokasi Diploma I Bidang Kelistrikan dan Pengelasan pada Pupuk Kaltim.
 
"Ada 50 anak nan lolos pendidikan, setelah tamat ada 41 anak langsung direkrut," ujar Mofu.
 
Ia menjelaskan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat telah bekerja sama dengan Pupuk Kaltim dalam menyiapkan tenaga kerja original Papua nan berbobot dan andal.
 
Puluhan anak nan mengikuti pendidikan Diploma I di Pupuk Kaltim merupakan tamatan dari sejumlah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Papua Barat.
 
"Anak-anak ini tamatan SMK, nan mana mereka sudah mendapatkan pendidikan vokasi," tuturnya. 

Berita lain dengan Judul: PKT terima peserta pendidikan vokasi dari Papua-NTT

Ia menuturkan Pupuk Kaltim resmi ditunjuk pemerintah pusat untuk merealisasikan proyek pembangunan area industri pupuk di Kabupaten Fakfak, Papua Barat.
 
Oleh karena itu pemerintah wilayah (pemda) kudu menyiapkan tenaga kerja lokal berbobot melalui pendidikan vokasi agar dapat diakomodasi pada sektor industri.
 
"Teluk Bintuni sudah jadi Kawasan Industri Terpadu, jika mau bersaing ya kudu siapkan SDM nan punya skill (ketrampilan)," ujarnya.
 
Menurut dia, daya saing tenaga kerja lokal bakal meningkat andaikan pemda memperbanyak pendidikan vokasi tingkat SMK 70 persen dan kognitif 30 persen.
 Selain menambah jumlah SMK, lanjutnya, pemerintah juga perlu menyiapkan sarana prasarana demi mendukung penyelenggaraan pendidikan vokasi
 
"Kalau mau Papua maju perbanyak SMK, tentu pemerintah jor-joran siapkan sarana prasarana," tuturnya.

Berita lain dengan Judul: Pupuk Kaltim mulai bangun area industri pupuk di Fakfak Papua Barat
Berita lain dengan Judul: Bahlil siap kawal pembangunan area industri pupuk di Papua Barat

 

Fransiskus Salu Weking

COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close