Presiden AS dan Korsel bakal gelar pertemuan bilateral bulan depan - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu
beritaja.com

Washington (BERITAJA.COM) - Presiden Korea Selatan (Korsel) Yoon Suk Yeol bakal mengunjungi Amerika Serikat (AS) bulan depan untuk melakukan pertemuan dengan Presiden Joe Biden, kata Gedung Putih pada Selasa (7/3).

"Presiden Joe Biden dan Ibu Negara Jill Biden bakal menjamu Presiden Republik Korea Yoon Suk Yeol dan Ibu Negara Kim Keon Hee untuk Kunjungan Kenegaraan ke AS," kata ahli bicara Gedung Putih Karine Jean-Pierre dalam pernyataan nan dirilis dengan merujuk nama resmi Korsel.

"Kunjungan tersebut bakal mencakup makan malam kenegaraan pada 26 April 2023," kata dia lebih lanjut.

Jean-Pierre mencatat kunjungan mendatang Presiden Yoon bakal menandai kunjungan kenegaraan kedua oleh seorang pemimpin negara asing ke AS sejak Biden menjabat pada Januari 2021.

"Kunjungan mendatang merayakan peringatan 70 tahun aliansi AS-Republik Korea (ROK), nan sangat krusial untuk memajukan perdamaian, stabilitas dan kemakmuran bagi kedua negara kita, Indo-Pasifik, dan seluruh dunia," menurut pernyataan tersebut.

"Presiden Biden dan Presiden Yoon bakal menyoroti kekuatan nan krusial dan kekal dari aliansi AS-ROK nan kuat serta komitmen tak tergoyahkan AS terhadap ROK," menurut pernyataan itu lebih lanjut.

Berita lain dengan Judul: AS dan Korsel sepakat perkuat daya tangkal serangan militer

Korsel dan AS menandatangani Perjanjian Pertahanan Bersama mereka 70 tahun lalu, pada Oktober 1953.

Pertemuan Biden dan Yoon bakal dilakukan di tengah ancaman nuklir dan rudal nan belum pernah terjadi sebelumnya dari Korea Utara (Korut).

Pyongyang menembakkan rekor 69 rudal balistik tahun lalu, jauh melampaui rekor tahunan sebelumnya sebanyak 25 rudal balistik nan diluncurkan dalam satu tahun.

Jean-Pierre kemudian mengatakan kunjungan Yoon bakal menyoroti aliansi AS-Korsel nan katanya telah mencapai "tingkat nan belum pernah terjadi sebelumnya."

"Di bawah Presiden Biden, kami telah membawa kemitraan AS-Korsel ke tingkat nan belum pernah terjadi sebelumnya dengan langkah nan menguntungkan perekonomian dan rakyat kami, serta memperkuat pencegahan di area Indo-Pasifik," katanya dalam konvensi pers harian.

"Kunjungan kenegaraan tersebut semakin memperkuat dan memperdalam hubungan AS-ROK dan kami tidak sabar untuk merayakan seremoni 70 tahun aliansi AS-ROK di sini, di Gedung Putih," tambah dia.

Berita lain dengan Judul: Jepang, AS dan Korsel adakan pertemuan telaah kerjasama teknologi

Kim Sung Han, penasihat keamanan nasional Korsel, mengatakan kunjungan Presiden Yoon ke AS bakal memberi kesempatan untuk memperkuat upaya pencegahan AS nan semakin luas.

AS dan Korsel "telah sepakat untuk secara aktif mengupayakan langkah untuk meningkatkan penerapan upaya pencegahan nan semakin luas dari aliansi Korsel-AS pada kunjungan kenegaraan Presiden Yoon Suk Yeol ke AS," kata dia saat berjumpa dengan wartawan di Washington.

Kim tiba di kota itu pada Minggu untuk berkompromi dengan rekannya, Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan, dan Menteri Luar Negeri y Blinken.

"AS berambisi ini bakal menjadi kesempatan bagi mereka untuk menegaskan kembali komitmen kuat mereka guna memperluas upaya pencegahan dan agar Korsel percaya kepada komitmen keamanan AS," kata Kim.

Sumber: Yonhap-OANA

Berita lain dengan Judul: Jepang, AS dan Korsel bincangkan keamanan ekonomi

Berita lain dengan Judul: Korut kecam latihan militer campuran AS-Korsel, ancam bakal balas

: Katriana

COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023





Baca Juga:
  • Bahasa Banjar Translate dan Artinya
  • Pantun Bahasa Banjar
  • 10 Tanda Baca dalam Alquran
  • Terkini! Waktu Sholat Banjarmasin
  • Lengkap A-Z, Rekomendasi Nama Nama Bayi Laki Laki Islami dan Artinya
  • Lengkap! A-Z, Nama Nama Bayi Perempuan Islami dan Artinya


  • Kategori:



    Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
    close