Trending

Polres Bogor tangkap 39 tersangka curanmor, empat di antaranya begal - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Kabupaten Bogor (BERITAJA.COM) - Kepolisian Resor Bogor, Jawa Barat, mengatakan telah menangkap 39 tersangka pencurian kendaraan bermotor (curanmor), empat di antaranya adalah tersangka pemalak alias tindak pidana pencurian dengan kekerasan (curas).

"Dari operasi kepolisan nan sudah kami laksanakan, kami sudah sukses mengungkap 44 laporan dengan 39 tersangka dalam kasus dugaan curanmor, baik curas maupun curat," ungkap Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin saat konvensi pers di Mako Polres, Cibinong, Bogor, Senin.

Ia mengatakan para tersangka nan kerap beraksi di Bogor, Sukabumi, dan Cianjur itu diciduk dalam waktu dua pekan terakhir selama Operasi Jaran Lodaya 2023.

Menurut Iman, sebagian dari mereka melakukan tindak pidana curas, ialah mengambil paksa kendaraan korban di jalan, sedangkan lainnya melakukan tindak pidana curat alias pencurian dengan pemberatan, ialah mengambil kendaraan secara diam-diam di rumah korban alias di tempat parkir pusat perbelanjaan.

"Ada nan menggunakan kunci T, untuk pelaku nan kejahatan curat. Kemudian juga ada nan menggunakan senpi (senjata api), untuk pelaku nan melakukan dengan modus operandi curas," kata Iman.

Menurut dia, hingga sekarang Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Bogor tetap menyelidiki dari mana senjata api itu didapatkan oleh salah satu tersangka.

"Saat ini terhadap para pelaku sudah dilakukan proses penahanan di Rutan Polres Bogor. Terhadap perbuatan para pelaku, kami juga terus melakukan pengembangan dari para pelaku," terangnya.

Iman mengatakan dari 39 tersangka curanmor, polisi menyita 39 sepeda motor dan satu kendaraan roda empat hasil curian.

Para pelaku didakwa dengan Pasal 363, Pasal 365, dan Pasal 480 KUHP, sedangkan pelaku bersenjata api didakwa dengan UU Darurat No 12 Tahun 51, kata dia. Mereka terancam balasan penjara 7 tahun, 4 tahun dan 20 tahun.

Kasatreskrim Polres Bogor AKP Yohanes Redhoi Sigiro menambahkan bahwa pelaku bersenjata api nan melakukan pembegalan adalah seorang residivis.

Berita lain dengan Judul: Polres Bogor mau kembalikan 40 kendaraan hasil curian
Berita lain dengan Judul: Longsor, Polres tutup akses Bogor-Sukabumi di Jembatan Cikereteg



COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close