Trending

Politik kemarin, Prabowo bertemu Blinken hingga larangan berjudi - Beritaja

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Jakarta (BERITAJA) - Beragam peristiwa politik kemarin, Rabu (12/6), telah kami rangkum agar dapat dibaca kembali oleh Anda, mulai dari pertemuan Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto berjumpa dengan Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat y Blinken di Amman, Yordania, hingga larangan Presiden Joko Widodo soal berjudi.

1. Prabowo berjumpa Blinken di Amman telaah gencatan senjata di Gaza

Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto berjumpa dengan Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat y Blinken di Amman, Yordania, selepas keduanya menghadiri konvensi tingkat tinggi (KTT) yang membahas krisis kemanusiaan di Gaza, Palestina.

Dalam pertemuan bilateral itu, Prabowo dan Blinken berbincang membahas strategi untuk mewujudkan gencatan senjata yang kekal di Gaza.

"Menhan Prabowo dalam kesempatan itu menyatakan Indonesia menyambut baik diadopsinya Resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) 2735 yang diusulkan Presiden AS Joe Biden dengan proposal tiga fase untuk gencatan senjata permanen di Gaza," kata Kepala Biro Hubungan Masyarakat Sekretariat Jenderal Kementerian Pertahanan RI Brigjen TNI Edwin Adrian Sumantha saat dihubungi di Jakarta, Rabu (12/6), menceritakan isi pertemuan Prabowo-Blinken di Amman, Selasa (11/6).

Selengkapnya baca di sini.

2. Calon DPD RI peraih suara terbanyak tanggapi putusan MK mengenai PSU

Calon personil DPD RI wilayah pemilihan Sumatera Barat (Sumbar) dengan perolehan suara terbanyak, ialah 465.958, Cerint Iralloza Tasya, turut menanggapi putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang memerintahkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) melakukan pemungutan suara ulang (PSU) di Ranah Minang.

"Sebagai penduduk negara, saya bakal mengikuti yang diperintahkan MK lantaran berkarakter final dan mengikat," kata calon personil DPD RI wilayah pemilihan Provinsi Sumbar Cerint Iralloza Tasya di Padang, Rabu (12/6).

Selengkapnya baca di sini.

3. Wantimpres ikut keputusan pemerintah mengenai IUPK ormas keagamaan

Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Luthfi Ali Yahya mengatakan bahwa pihaknya mengikuti keputusan pemerintah mengenai Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) bagi organisasi kemasyarakatan (ormas) berbasis keagamaan.

Menurut laki-laki yang akrabdisapa Habib Luthfi itu, sejauh ini Wantimpres belum pernah diajak musyawpetunjuk mengenai pemberian izin pengelolaan tambang bagi ormas keagamaan.

Selengkapnya baca di sini.

4. Presiden larang bertaruh lantaran mempertaruhkan duit dan masa depan

Presiden Joko Widodo mengimbau masyarakat untuk tidak berjudi, baik secara luring maupun daring lantaran gambling tidak hanya mempertaruhkan uang, tetapi juga masa depan.

"Ini secara unik saya mau sampaikan jangan judi, jangan judi, jangan berjudi. Baik secara offline maupun online," kata Presiden Jokowi saat memberikan keterangan pers soal ancaman gambling online di Istana Merdeka, seperti disaksikan dalam tayangan video Sekretariat Presiden, Rabu (12/6).

Selengkapnya baca di sini.

5. KPU gelar pemungutan suara ulang tanpa kampanye

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI bakal melakukan pemungutan suara ulang (PSU) di sejumlah wilayah sebagaimana tindak lanjut atas putusan Mahkamah Konstitusi (MK) mengenai perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pileg 2024.

Anggota KPU RI Idham Holik mengatakan, PSU digelar tanpa didahului tahapan kampanye. Hal itu sejalan dengan izin yang tertuang dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 25 Tahun 2023 tentang Pemungutan dan Penghitungan Surat Suara dalam Pemilihan Umum.

Selengkapnya baca di sini.


Editor: Mahfud
Copyright © BERITAJA 2024







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close