Polisi ungkap dua WNA Aljazair berbagi peran mencuri di bandara Bali - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu
beritaja.com

"Yang satu mengalihkan perhatian nan satunya mengambil barang. Jadi, ada kesempatan dari keduanya memang untuk melakukan aktivitas seperti itu (mencuri),"

Badung (BERITAJA.COM) -

Kepolisian Resor Kawasan Bandara I Gusti Ngurah Rai mengungkapkan dua penduduk negara asing (WNA) berkebangsaan Aljazair terlibat mencuri sejumlah peralatan penumpang di Bandara I Gusti Ngurah Rai telah bermufakat berbagi peran untuk melakukan pencurian.

Hal itu diungkapkan Kepala Kepolisian Resor Kawasan Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali AKBP Ida Ayu Wikarniti saat menggelar konvensi pers di Tuban, Badung, Selasa.

Ayu mengatakan dua tersangka pelaku pencurian Hamoe Radhovane (49) dan rekannya Abdel H. Bouadjadja (28) melakukan pencurian lantaran motif ekonomi ialah tak punya uang.

"Yang satu mengalihkan perhatian nan satunya mengambil barang. Jadi, ada kesempatan dari keduanya memang untuk melakukan aktivitas seperti itu (mencuri)," kata dia.

Ayu mengatakan keduanya tiba di terminal kehadiran Bandara Ngurah Rai berpura-pura mengecek nilai tiket dengan argumen mau pulang kampung. Kedua pelaku nan memandang kesempatan untuk mencuri peralatan milik penumpang tersebut nekat melakukan tindakan pencurian lantaran terdesak oleh kebutuhan untuk hidup selama tinggal di Bali nantinya.

Apalagi saat keduanya melakukan aksi, suasana di Bandara tetap ramai dengan penumpang.

"Dengan memandang keadaan nan ramai dan memungkinkan dia untuk melakukan itu, tambah lagi dia butuh duit, maka dia nekat lakukan itu," kata Ayu.

Kedua WNA Aljazair nan masuk ke Indonesia menggunakan visa wisata tersebut ditangkap Satuan Reserse Kriminal Polres Bandara Ngurah Rai lantaran terlibat pencurian di Bandara Ngurah Rai, Bali pada Jumat (3/3) sekitar pukul 22.30 WITA. Kedua baru tiba di Bali pada Kamis 2/3.

Selain mencuri peralatan milik Dinda Karin, dua pelaku tersebut juga mencuri peralatan milik dua WNA ialah Svitoslav S. Fomenko (20) asal Rusia dan Leila Simone (19) asal Amerika.

Total kerugian nan dialami oleh tiga orang korban mencapai Rp131.500.000. Jumlah tersebut kemungkinan tidak sebesar itu jika saja keduanya hanya mencuri peralatan milik satu korban. Namun, lantaran niat untuk mencuri peralatan nan lebih mahal keduanya nekat mencari tiga orang sekaligus.

Pada saat mendapatkan korban nan pertama atas nama Dinda penduduk negara Indonesia keduanya hanya mendapatkan sebuah handphone. Karena tak puas dengan hasil tersebut, mereka kembali lagi mendapatkan korban lain ialah penduduk Rusia dimana hanya mendapatkan paspor.

"Target nan diinginkan itu tidak tercapai lagi akhirnya kembali lagi ke terminal (kedatangan), baru akhirnya mendapat korban nan ketiga dapatlah laptop sama iPad. Pas nan ketiga ini apesnya ketemu petugas lantaran nan pertama sudah melapor kita lakukan pengecekan CCTV dan diketahui, lampau semuanya terungkap," kata Ayu.

Berdasarkan keterangan kedua tersangka, Ayu mengatakan keduanya melakukan tindakan pencurian tersebut baru sekali. Tetapi, interogator Satuan Reserse Kriminal Polres Bandara Ngurah Rai tetap menyelidiki apakah memang betul kedua hanya terlibat pencurian di airport alias telah melakukan tindakan melanggar norma lainnya.

Atas perbuatannya tersebut, kedua terduga pelaku dikenakan Pasal 363 ayat (1) ke 4a KUHP dan alias Pasal 362 KUHP jo Pasal 55 KUHP alias pasal 362 KUHP jo Pasal 56 KUHP dengan ancaman balasan maksimal tujuh tahun penjara.

Kapolres Kawasan Bandara Ayu Wikarniti juga mengatakan pihaknya bakal melakukan peningkatan patroli berbareng pihak angkasa pura untuk mencegah perbuatan serupa terjadi lagi demi kenyamanan para penumpang nan menggunakan jasa Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali.



COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023





Baca Juga:
  • Bahasa Banjar Translate dan Artinya
  • Pantun Bahasa Banjar
  • 10 Tanda Baca dalam Alquran
  • Terkini! Waktu Sholat Banjarmasin
  • Lengkap A-Z, Rekomendasi Nama Nama Bayi Laki Laki Islami dan Artinya
  • Lengkap! A-Z, Nama Nama Bayi Perempuan Islami dan Artinya


  • Kategori:



    Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
    close