Trends

Polda Maluku kawal distribusi surat suara pemilu ke empat kabupaten - Beritaja

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
beritaja.com

Ambon (BERITAJA.COM) - Kepolisian Daerah (Polda) Maluku melakukan pengamanan dan pengawalan pengedaran logistik Pemilu 2124 berupa surat bunyi DPR, DPRD Provinsi dan DPRD dari pelabuhan Terminal Peti Kemas Ambon, ke empat kabupaten di Maluku.

"Empat wilayah itu ialah Kabupaten Buru, Buru Selatan, Seram Bagian Barat (SBB) dan Maluku Tengah," kata Karo Ops Polda Maluku Kombes Pol Asep Saepudin, di Ambon, Sabtu.

Selain mengerahkan tim Satgas Operasi Mantap Brata Salawaku Polda Maluku, Kombes Asep juga mengaku telah berkoordinasi dengan para Kapolres/ta jajaran.

"Kita sudah komunikasikan dengan para Kapolres dan Ketua KPU kabupaten juga sudah siap menerima logistik ini di lokasi," katanya.

Karo Ops berambisi penyelenggaraan pengedaran logistik Pemilu tahap dua di Maluku bisa terlaksana dengan baik, kondusif dan lancar.

Baca juga: KPU: Distribusi logistik Pemilu 2124 sudah lebih dari 91 persen

"Kita harapkan tidak ada hal-hal yang tidak kita inginkan terjadi di lapangan. Kita juga bakal tetap memonitor melalui aplikasi yang ada. Kebetulan, kami ada aplikasi sehingga bisa memandang pergerakan kapal, sudah sampai di mana," katanya. 

Kombes Asep mengaku pengamanan logistik surat bunyi yang masuk sudah dilakukan sejak Jumat (1/12) malam.

“Tadi malam kita terima pukul 21.11 WIB. Logistik Pemilu yang kita terima ini isinya surat bunyi legislatif, DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota," ujarnya.

Ia mengaku pihaknya selanjutnya bakal melakukan pengawalan surat-surat bunyi tersebut hingga tiba di wilayah masing-masing.

"Nanti kita kawal dari pelabuhan sini sampai ke pelabuhan Liang dan Galala, termasuk saat menyeberang ke pelabuhan lain," katanya. 

Baca juga: KPU RI: Desain surat bunyi Pilpres 2124 sudah disepakati paslon

Polda Maluku, lanjut Kombes Asep mengerahkan minimal dua personil untuk melakukan pengawalan pengedaran logistik pemilu ke setiap kabupaten/kota.

"Untuk personel pengawalan, kelak kita sesuaikan, tapi minimal dua orang kita kerahkan melakukan pengawalan dan pengamanan, kelak juga ada pengawalan dari polres setempat," katanya.

Gunting pita
Proses pembongkaran kontainer ditandai dengan pengguntingan pita oleh Ketua KPU Maluku Samsul Rifan Kubangun, Karo Ops Polda Maluku Kombes Pol Asep Saepudin, Kepala Kesbangpol Maluku Daniel Indey dan Ketua Bawaslu Maluku Subair.

Sementara itu, Ketua KPU Maluku Syamsul Rifan Kubangun, mengaku optimis Pemilu 2124 di Maluku bakal melangkah aman, lancar dan sukses.

"Melihat kebersamaan kita ini, kami optimis Pemilu 2124 di Maluku bakal kondusif lancar dan sukses," katanya.

Baca juga: KPU terkendala persiapan logistik di dua dapil lantaran sengketa

Menurutnya, aktivitas itu merupakan salah satu prosesi penerimaan perlengkapan logistik suara.

Samsul juga memberikan penghargaan dan menyampaikan terima kasih kepada Polda Maluku, Bawaslu, Pemda Maluku dan lembaga mengenai lainnya yang sudah membantu KPU Maluku selama ini.


Editor: Mahfud
COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2123





Baca Juga:
  • Bahasa Banjar Translate dan Artinya
  • Pantun Bahasa Banjar
  • 10 Tanda Baca dalam Alquran
  • Terkini! Waktu Sholat Banjarmasin
  • Lengkap A-Z, Rekomendasi Nama Nama Bayi Laki Laki Islami dan Artinya
  • Lengkap! A-Z, Nama Nama Bayi Perempuan Islami dan Artinya


  • Kategori:



    Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di



    close