Trending

Polda Jabar uji kelaikan bus pariwisata di Sumedang jelang Idul Adha - Beritaja

Sedang Trending 4 minggu yang lalu

Sumedang (BERITAJA) - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jawa Barat (Jabar) melakukan pemeriksaan kelaikan operasi (ramp check) bus pariwisata di Kabupaten Sumedang, menjelang libur Hari Raya Idul Adha 1445 H.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jawa Barat Kombes Pol Wibowo mengatakan petugas telah melakukan ramp check pada sejumlah bus wisata yang berada di lokasi wisata di wilayah Jabar untuk memastikan keselamatan masyarakat yang bakal berekreasi ke wilayah itu.

“Beberapa bus yang sudah kita lakukan pemeriksaan, baik arsip maupun bentuk cukup lengkap, cukup laik jalan,” kata Wibowo di Sumedang, Minggu.

Wibowo mengatakan pihaknya bekerja sama dengan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) untuk melakukan pegecekan kelaikan bus yang datang ke beragam lokasi wisata di Jabar.

Sejumlah petugas yang merupakan tim campuran langsung melakukan pengecekan pada beberapa komponen kendaraan yang vital, seperti rem, lampu, roda, dan palu pemecah kaca.

"Kita juga mau pastikan bus ini apakah memang tetap bertindak izin jalannya. Pemeriksaan bus krusial agar penumpang lebih nyaman dan aman," kata dia.

Lebih lanjut, dia meminta masyarakat yang mau menyewa bus untuk memastikan perusahaan otobus tersebut memang terdaftar sesuai dengan penggunaannya alias justru kadaluarsa.

"Mengabaikan semua aspek keamanan justrumampu merugikan keselamatan. Kitamampu juga cek sendiri lewat aplikasi Spionam alias aplikasi Mitra Darat. Bisa juga langsung meminta support kepolisian alias dinas perhubungan," katanya.

Selain itu, Wibowo meminta para pengusaha bus untuk menghilangkan klakson “telolet”yang belakang ramai digunakan.

Penggunaan klakson "telolet" pada bus pariwisata lantaran keberadaannya mengundang ancaman terhadap anak-anak yang memburu suara klakson tersebut di jalanan.

"Untuk klakson seperti itu kita sudah periksa bus yang masuk ke sini tidak ada. Dan harapannya memang tidak ada ini sesuai dengan patokan yang melarangnya," kata Wibowo.
Baca juga: Pastikan keselamatan publik, Menhub sidak bus pariwisata di Purwokerto
Baca juga: Libur Idul Adha, Menhub anjurkan cek bus pariwisata di MitraDarat
Baca juga: Polres dan Dishub Garut razia klakson "telolet" bus pariwisata

Rubby Jovan Primananda
Editor: Mahfud
Copyright © BERITAJA 2024







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close