Trending

Polda Bali sebar edaran syarat sewa kendaraan dampak pelanggaran WNA - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

banyak ditemukan visitor nan menggunakan plat nomor polisi tidak sesuai patokan seperti memakai plat Rusia alias dimodifikasi sesuai kemauan sendiri

Karangasem (BERITAJA.COM) - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Bali Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra menyampaikan pihaknya telah menyebar surat info berisi persyaratan menyewakan kendaraan akibat dari banyaknya pelanggaran oleh penduduk negara asing (WNA) di wilayah itu.

Kapolda Bali saat dijumpai di Karangsem, Senin, mengatakan pemilik upaya penyewaan kendaraan semestinya mempunyai kepedulian dengan mengingatkan penyewanya dan menegakkan patokan nan sebenarnya dalam berkendara.

"Kami juga sudah membikin semacam info alias pemberitahuan apa saja persyaratan meminjam kendaraan. Jadi syaratnya, nan meminjam ocehan dalam mengendarai kendaraan, kemudian identitasnya jelas, memberikan akomodasi nan komplit dalam makna pengendara sepeda motor kudu pakai helm dan termasuk plat nomor kendaraan," katanya.

Berita lain dengan Judul: Polda Bali selidiki visitor asing gunakan plat nomor kendaraan palsu

Berita lain dengan Judul: Polresta Denpasar tindak 244 pelanggar lampau lintas melalui ETLE


Selain memberi surat info mengenai persyaratan menyewakan kendaraan, Jayan Danu juga telah mengutus jajarannya untuk melakukan sidak di jalan raya, terutama dalam memeriksa plat nomor polisi nan tidak sesuai aturan.

Hal ini dilakukan lantaran banyak ditemukan visitor nan menggunakan plat nomor polisi tidak sesuai patokan seperti memakai plat Rusia alias dimodifikasi sesuai kemauan sendiri.

"(Pelanggaran) plat nomor polisi kadang-kadang kita tangkap, kita sita kendaraannya," tuturnya.

Polda Bali kemudian melakukan operasi rutin, baik nan berkarakter penindakan, imbauan, juga viralisasi, agar WNA nan berulah memahami patokan nan ada, kata Jayan Danu.

"Jangan sampai jika perihal ini dibiarkan menjadi suatu perihal nan dianggap benar, lantaran itu saya sudah perintahkan jejeran kami dari seluruh polres, tidak hanya Badung, Denpasar dan Gianyar nan banyak turisnya, tetapi semua wilayah," katanya menegaskan.

Untuk menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat akibat dari kenakalan WNA di jalan raya, Jayan Danu mengatakan Polda Bali bakal melakukan antisipasi baik di siang maupun malam hari.

"Tetap kami lakukan upaya-upaya menciptakan keamanan dan ketertiban di wilayah Bali agar tetap kondusif," kata dia.

Sebelumnya pada Minggu (5/6) bahwa jejeran Polda Bali sudah mulai melakukan sidak seperti pengpetunjukan Kapolda Bali, dan ke depan bakal meningkatkan patroli terutama di area wisata, seperti Kuta, Seminyak, Canggu, Tanah Lot, dan Ubud.



COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close