Polairud Polda Kaltim turunkan empat kapal patroli jaga perairan IKN - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu
beritaja.com

terutama menjaga jalur logistik dan pengangkutan material pembangunan

Balikpapan (BERITAJA.COM) - Direktorat Kepolisian Air dan Udara (Polairud) Polda Kalimantan Timur menurunkan empat kapal untuk beroperasi di perairan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Teluk Balikpapan.

Menurut Direktur Polairud Polda Kaltim Kombes Pol Donny Adityawarman kegiatan patroli bermaksud untuk mengamankan pembangunan di IKN.

"Dalam saat ini adalah terutama menjaga jalur logistik dan pengangkutan material pembangunan IKN di Teluk Balikpapan," kata Kombes Donny.

Keempat kapal tersebut berupa kapal patroli sigap dan sesuai namanya, dapat dengan sigap bergerak di perairan.

Untuk kelancaran pembangunan IKN, saat ini sudah difungsikan sebelas pelabuhan, nan artinya lampau lintas kapal di Teluk semakin ramai. Karena itu Direktur Polairud menambahkan, sebagai bagian dari upaya memelihara keamanan perairan Teluk Balikpapan, juga tugas polisi perairan untuk memastikan aturan-aturan pelayaran ditaati.

"Jadi di sepanjang alur pelayaran itu kami juga biasa memberi imbauan kepada para awak kapal, mulai dari soal keselamatan pelayaran hingga menjaga lingkungan," kata Ketua Satgas Polairud Jalur Perairan Iptu Agus Dwi Soetopo.

Termasuk dalam imbauan itu juga agar para awak kapal selalu memperhatikan kondisi cuaca saat bakal ke laut lepas terutama bagi nelayan agar  berhati-hati dalam bekerja.

Terkini dari aktivitas patroli sukses terungkap beberapa kasus diantaranya tindak pidana penyelundupan BBM di kapal feri penyeberangan DLU Ulin nan sedang berlayar di Teluk Balikpapan dari Pelabuhan Kariangau ke Penajam.

Polisi menangkap empat orang dalam kejadian itu serta mengamankan tiga unit mobil truk tangki Pertamina nan dibawa oleh masing masing pelaku ialah dua unit truk bermuatan tiga galon bahan bakar  Pertalite dan satu unit truk lainnya membawa sembilan galon Pertalite.

Para pelaku tidak dapat menunjukkan arsip atas bahan bakar bersubsidi tersebut sehingga keempat pelaku dijerat Pasal 55 Perpu Nomor 2 Tahun 2022 Sektor Migas tentang perubahan UU Nomor 22 tahun 2001 tentang Migas.
Berita lain dengan Judul: Kodim 0913 Penajam patroli amankan proses pembangunan IKN Nusantara
Berita lain dengan Judul: Polres Penajam amankan jalur logistik pembangunan ibu kota negara baru
Berita lain dengan Judul: Panglima TNI jamin pengamanan IKN maksimal

Novi Abdi

COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023





Baca Juga:
  • Bahasa Banjar Translate dan Artinya
  • Pantun Bahasa Banjar
  • 10 Tanda Baca dalam Alquran
  • Terkini! Waktu Sholat Banjarmasin
  • Lengkap A-Z, Rekomendasi Nama Nama Bayi Laki Laki Islami dan Artinya
  • Lengkap! A-Z, Nama Nama Bayi Perempuan Islami dan Artinya


  • Kategori:



    Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
    close