Trending

POBSI targetkan setiap kabupaten/kota miliki arena biliar - Beritaja

Sedang Trending 5 hari yang lalu

Jakarta (BERITAJA) - Pengurus Besar Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (PB POBSI) menargetkan setiap kabupaten/kota di Indonesia mempunyai arena biliar sebagai tempat pembinaan atlet untuk memunculkan bakat-bakat unggulan pebiliar.

"Kami sedang merancang jikamampu di Indonesia ini setiap kabupaten/kota yang berjumlah 514 itu ada tempat biliar, bukan hanya tempatnya saja tapi image-nya juga mesti kita bangun lebih baik," ujar Ketua Umum PB POBSI Hary Tanoesoedibjo melalui laman resmi Kemenpora yang dipantau di Jakarta, Selasa.

Ia mengemukakan perihal itu berangkaian dengan rancangan besar PB POBSI dalam pengembangan olahraga biliar di Indonesia.

Hary mengatakan, POBSI terus berupaya melakukan pembinaan atlet biliar melalui beragam turnamen yang diikuti klub-klub yang tersebar di beragam daerah.

Namun, untuk menyiapkan talenta-talenta muda yang mempunyai talenta bagus namun belum mengikuti klub, maka perlu diperbanyak arena biliar, minimal ada di setiap kabupaten/kota.

Dengan adanya arena biliar maka beragam kalangan usiamampu berlatih dan menjalani pembinaan secara teratur untuk menjadi atlet ahli yang siap berkompetisi di tingkat nasional maupun mancanegara.

Hari mengatakan, selain arena biliar, POBSI juga tengah merancang adanya akademi biliar di Indonesia agar generasi muda secara umum mulai dari usia awalmampu dilatih lebih terstruktur dan sistematis.

Baca juga: Menpora: Ode Nandra dipersiapkan jadi atlet biliar junior

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo memastikan pemerintah siap memberikan support penuh terhadap pengembangan biliar di tanah air.

Dito mendorong agar pemanfaatan arena-arena biliar yang sudah ada di beragam wilayah dapat difokuskan untuk pembinaan atlet.

Ia menyebutkan, salah satu langkah yang dirancang ialah mendorong adanya sertifikasi berbareng yang dipusatkan di Kemenpora alias di PB POBSI.

Tindak lanjut dari sertifikasi itu, kata dia, dijalankan melalui POBSI di wilayah berbareng dengan dinas olahraga untuk memberikan pengakuan alias sertifikasi yang menyatakan bahwa arena biliar merupakan tempat yang difokuskan untuk pembinaan olahraga biliar.

Dengan status arena biliar sebagai tempat olahraga maka tidak boleh dijadikan sebagai tempat menjual alkohol maupun untuk aktivitas intermezo seperti live musik alias disc jockey.

"Ke depan kita jugamampu bersama-sama mencari solusi dan langkah untuk kontrol," pungkasnya.

Baca juga: Menpora inginkan arena biliar difokuskan untuk pembinaan atlet
Baca juga: POBSI gelar ekshibisi hadirkan pebiliar kelas dunia


Editor: Mahfud
Copyright © BERITAJA 2024







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close