Trending

PLN UID Kalselteng salurkan bantuan bagi UMKM di Banjar Kalsel - Beritaja

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
Kami berambisi support ini membikin produktivitas UMKM di Kabupaten Banjar lebih meningkat dan modern.

Banjarbaru, Kalsel (BERITAJA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (UID Kalselteng) menyalurkan support peralatan bagi pelaku upaya mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk mendorong peningkatan produktivitas upaya di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel).

General Manager PLN UID Kalselteng Muhammad Joharifin menyerahkan support tersebut kepada Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Kabupaten Banjar Kencana Wati, di area wisata Air Santri, Murung Kenangan, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalsel.

Joharifin dikonfirmasi di Banjarbaru, Minggu, mengatakan support tersebut merupakan program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) dari PLN UID Kalselteng bagi pelaku UMKM.

Ia mengatakan PLN tidak hanya konsentrasi pada upaya penyediaan listrik yang andal, namun juga turut mendukung pemerintah mencapai tujuan "Sustainable Development Goals" (SDG's) melalui program tanggung jawab sosial lingkungan (TJSL).

"PLN sangat konsen mencapai tujuan SDG's, dimana program Desa Berdaya merupakan penerapan tujuan pembangunan nomor 8 ialah pekerjaan yang layak dan pertumbuhan ekonomi melalui penyerahan support kepada para pelaku UMKM,” ujar Joharifin.

Joharifin menyerahkan support berupa tiga unit komputer, 10 paket peralatan produksi, training dan manajemen wisata, pemasangan "hotspot" internet, sarana olahraga sungai dan support lainnya.

"Kami berambisi support ini membikin produktivitas UMKM di Kabupaten Banjar lebih meningkat dan modern. Selain itu, juga berambisi area Air Santri menjadi lokasi wisata baru yang bakal berakibat meningkatnya PAD bagi Pemkab Banjar," kata Joharifin.

Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Kabupaten Banjar Kencana Wati mengpenghargaan kepedulian PLN UID Kalselteng yang dapat meningkatkan produktivitas UMKM di area wisata Air Santri, Murung Kenangan.

Menurut Kencana, PLN menjadi "role" model sebagai perusahaan yang mengoptimalkan potensi desa berbasis SDG’s melalui program Desa Berdaya PLN Air Santri Berkelanjutan.

Kencana mengharapkan support PLN yang sudah memasuki tahun kedua itu, membantu masyarakat membentuk area alias desa yang berdikari sesuai potensi sehingga mempunyai daya saing dengan wilayah lain serta upaya berkelanjutan.

"Kami percaya melalui semangat gotong royong dan kerjasama yang kuat antara pemerintah, perusahaan, juga masyarakat, kita semua dapat mewujudkan desa mandiri, berkekuatan saing, serta berkelanjutan," ujarnya lagi.

Salah satu penerima support Syairillah yang merupakan pemilik UMKM "Salma Home Industri", mengaku merasakan faedah yang besar dari program Desa Berdaya Air Santri yang dijalankan PLN UID Kalselteng.

"Alhamdulillah, berkah support PLN produksi jauh lebih banyak andaikan dibandingkan waktu sebelumnya. Penjualan meningkat, pengemasan dapat bersaing, ditambah produk yang sudah sertifikat legal sehinggamampu masuk ke minimarket modern," kata Syairillah.

Syairillah juga mengatakan support dari PLN tersebut meningkatkan pendapatan, sehinggamampu membiayai sekolah anak, membeli sepeda motor, dan memenuhi kebutuhan hidup keluarga, meskipun upaya yang dirintis tetap kecil.
Baca juga: PLN UID Kalselteng bersihkan area Wisata Air Santri Martapura
Baca juga: PLN UID Kalselteng meningkatkan keandalan listrik jelang Idul Adha

Taufik Ridwan/Yose Rizal
Editor: Mahfud
Copyright © BERITAJA 2024







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close