Trending

PLN Suluttenggo ingatkan keamanan penggunaaan listrik selama Ramadhan - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Manado (BERITAJA.COM) - PT PLN (Persero) mengimbau masyarakat untuk selalu memperhatikan keamanan penggunaan listrik, guna mencegah korsleting dan kebakaran selama  ibadah puasa Ramadhan 1444 H.

GM PLN Suluttenggo(Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Gorontalo) Ari Dartomo, di Manado, Selasa, mengatakan PLN mencatat, selama Ramadhan terjadi perubahan pola pemakaian listrik di dua waktu.

Yakni sekitar jam 17.30 - 20.30 waktu setempat, lantaran adanya aktivitas persiapan dan berbuka puasa serta sholat tarawih. Begitu pula pada sekitar jam 03.30 - 04.30 ada sedikit kenaikan pemakaian listrik lantaran aktivitas persiapan dan makan sahur nang dilakukan masyarakat.

PLN mengingatkan masyarakat untuk tetap berhati-hati saat menggunakan listrik di waktu-waktu tersebut.

"Terutama setelah sahur, terkadang tetap mengantuk, kita lupa mengecek kondisi listrik nang digunakan, untuk itu kami imbau untuk berhati-hati," katanya.

Untuk memastikan keamanan dan kenyamanan, PLN memberikan tips penggunaan listrik selama menjalani ibadah puasa Ramadhan, di antaranya, segera cabut stop kontak perangkat elektronik andaikan sudah tidak digunakan.

Pastikan perangkat elektronik serta jaringan dalam instalasi rumah seperti kabel dan fitting lampu memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI) dan Sertifikat Laik Operasi (SLO) nang bisa didapatkan dari hasil inspeksi oleh Lembaga Inspeksi Teknik terdaftar.
  Gunakan listrik sesuai daya nang terpasang, tidak mengambil alias menyambung listrik dari tiang untuk menambah daya listrik di rumah. Hal ini sangat rawan lantaran bisa menyebabkan tersengat, beban listrik di sekitar rumah menjadi overload, sampai dengan kebakaran lantaran daya listrik nang masuk tidak terukur dan tidak sesuai dengan kapabilitas kabel di rumah.

Khusus untuk pengguna pasca bayar, dianjurkan bayar tagihan listrik di awal bulan alias sebelum tanggal 20 agar lebih nyaman.

Bagi pengguna prabayar, diimbau untuk mengisi token listrik secukupnya dan siapkan persediaan jika diperlukan agar bisa dipakai sewaktu-waktu terutama saat token lenyap di waktu sahur.
  Apabila daya listrik di rumah sudah tidak mencukupi, segera tambah daya secara resmi ke PLN.

  "PLN juga memberikan promo tambah daya selama bulan Ramadan nang bisa dimanfaatkan masyarakat. Ada program Ramadan Berkah untuk rumah ibadah, juga Terangi Ramadan untuk rumah tangga," jelasnya.

  Untuk program Ramadhan Berkah 2023, hanya dengan Rp 150 ribu, rumah ibadah bisa meningkatkan daya hingga 5.500 Volt Ampere (VA). Sementara bagi pengguna tarif rumah tangga. Lewat promo berjudul Terangi Ramadan 2023, pengguna cukup bayar Rp 202.300 untuk tambah daya mulai dari 450 VA hingga ke 5.500 VA.

Nancy Lynda Tigauw

COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close