Trending

PLN alokasikan Rp369,16 miliar bangun listrik 3T di Kaltara - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Balikpapan (BERITAJA.COM) - Perusahaan Listrik Negara(PLN)  Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara mengalokasikan  Rp369,16 miliar untuk pembangunan  infrastruktur kelistrikan di wilayah tertinggal, terluar dan terdepan(3T) di Provinsi Kalimantan Utara(Kaltara).

“Dana pembangunan  bersumber diambil dari biaya penyertaan modal negara(PMN)  yang pada tahun 2023 sebesar Rp10 triliun,” kata General Manager PLN Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara Joice L Wantania di Balikpapan, Minggu.

Secara keseluruhan, PLN telah sukses tingkat kelistrikan di  Provinsi Kalimantan Utara telah mencapai  rasio desa PLN sebesar 71,58 persen dan rasio elektrifikasi sebesar 98,05 persen.

Pekan lalu, PLN menambah lagi penyambungan baru tujuh desa nan masuk dalam kategori 3T di Kabupaten Bulungan dan Kabupaten Tana Tidung.

“Penyambungan ini merupakan bagian dari upaya kami ini untuk menuju rasio elektrifikasi 100 persen di Kaltara sama halnya dengan kualitas listrik di kota,” lanjut GM Wantania.

Dari tujuh desa itu, PLN mendapatkan 770 pengguna baru, dimana  282 diantaranya listrik sudah dinikmati tersambung ke rumah.

Manfaat dari penyambungan itu juga, ada 111 akomodasi desa nan bisa dipakai dengan lebih efektif dan efisien, seperti instansi desa dan semua perangkat di dalamnya.

Wantania berambisi pengedaran listrik ke desa bakal semakin menggairahkan perekonomian dan menggerakkan beragam sektor kehidupan masyarakat, nan kemudian bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat.

“Selain itu juga kami berharap, listrik menjadikan momen Ramadhan tahun ini menjadi lebih spesial bagi masyarakat nan menjalankan ibadah puasa dan Idul Fitri berbareng keluarga," demikian GM Wantania.

Anggota Komisi VI 6 DPR RI Deddy Yevry Hanteru Sitorus nan turut datang dalam peresmian mengatakan hingga akhir tahun 2023 sebanyak 374 dari 482 di Kaltara mendapatkan pengedaran listrik dengan beragam skema penyambungan.

"Saya juga berambisi agar listrik nan sudah tersambung ini dimanfaatkan tidak hanya keperluan konsumtif tetapi juga untuk aktivitas produktif guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa ," kata Deddy.

 Bupati Tana Tidung Ibrahim Ali menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada PLN, dimana tinggal dua desa lagi untuk mewujudkan program kami Tana Tidung Terang.

.***

Novi Abdi
Guido Merung
COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close