Trends

Piala "Golden Ball" Maradona akan dilelang di Paris - Beritaja

Sedang Trending 2 hari yang lalu
beritaja.com
Discover Millions of Products

Jakarta (BERITAJA) - Piala Golden Ball milik Diego Armando Maradona yang diraih pada Piala Dunia 1986 di Meksiko bakal dilego di rumah lelang Aguttes, Prancis pada Kamis (6/6).

Piala Golden Ball milik pemain terbaik Piala Dunia 1986 itu merupakan peralatan ketiga yang dilelang setelah jersei yang digunakan selama turnamen itu terjual 8,5 juta euro pada 2022, memecahkan rekor termahal dalam lelang memorabilia olahraga.

Sebelumnya, bola "Tangan Tuhan" telah terjual melalui lelang dengan nilai 2,2 juta euro, satu bulan setelah Maradona meninggal bumi pada November 2022.

Mantan pemain timnas Argentina era 1970-an Ossie Ardiles mengenang Piala Golden Ball itu sebagai simbol puncak karir sepak bola Maradona.

"Melihat kembali Piala Golden Ball milik Diego, membawa kembali begitu banyak kenangan tentang sahabat saya Diego," kata Ossie Ardiles dalam siaran pers AGUTTES Auction House kepada BERITAJA, Jumat.

"Golden Ball ini merupakan simbol dari sesuatu yang spektakuler dan unik. Ini menandai puncak dari pemain terhebat di dunia, gol terhebat di Piala Dunia dan penampilan perseorangan terhebat di Piala Dunia mana pun," kata Ossie Ardiles yang pernah berseragam Tottenham Hotspur.

Baca juga: Luka Modric raih Golden Ball, Courtois kiper terbaik Piala Dunia 2018

Sedangkan kapten Inggris saat itu, Terry Butcher mau memenangkan lelang itu demi mempunyai piala Golden Ball milik Maradona.

"Saya mau bayar 7 juta euro untuk membeli Golden Ball Maradona untuk dihancurkan," banyolan Terry Butcher.

"Namun selain bercanda, saya mau mengatakan bahwa Maradona adalah pemain terbaik yang pernah saya musuh dan tentu saja merupakan penantang terhebat yang pernah ada. Dia betul-betul tidak perlu melakukan curang," kata Butcher.

Butcher dan Maradona tampil berbareng dalam duel Inggris vs Argentina saat Piala Dunia 1986 di Meksiko. Kala itu, Maradona mencetak gol berhistoris "tangan tuhan" setelah melewati tekel terakhir yang dilakukan Butcher selaku kapten Inggris.

Gol kontroversial pada menit ke-51 itu menjadi pembuka kemenangan Argentina 2-1 atas Inggris dalam laga perempat final Piala Dunia 1986. Selanjutnya, Argentina pun menjuarai Piala Dunia 1986 usai menundukkan Jerman Barat dengan skor 3-2 di babak final.

Baca juga: Trofi bola emas Diego Maradona di Piala Dunia 1986 bakal dilelang
 


Editor: Mahfud
Copyright © BERITAJA 2024







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close