Trends

Petugas Rutan Bantul gagalkan penyeludupan narkoba dalam rutan - Beritaja

Sedang Trending 2 hari yang lalu
beritaja.com
Discover Millions of Products

Yogyakarta (BERITAJA) - Petugas Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta(DIY) menggagalkan penyeludupan narkoba berupa obat keras jenis pil yarindo ke dalam rutan.

Kepala Rutan Kelas II B Bantul Yogi Suhara dalam keterangan tertulis di Yogyakarta, Kamis, menjelaskan seorang visitor wanita berinisial MY (38) berupaya menyeludupkan pil yarindo dengan menyemsuarakan di kemaluannya saat kunjungan penduduk bimbingan pada Rabu (15/5).

"Upaya untuk menyemsuarakan pil terlarang di kemaluan itu kandas lantaran petugas kami sukses mengungkapnya," ujar Yogi.

Menurut dia, MY ditangkap setelah terbukti membawa 13 butir pil yarindo yang hendak diberikan kepada anaknya berinisial EAP yang saat ini menjadi tahanan di Rutan Kelas II B Bantul.

"Kami akhirnya mengamankan MY dan melakukan koordinasi dengan kepolisian untuk langkah norma berikutnya," ucap Yogi.

Setelah kejadian itu, EAP dipindahkan ke sel isolasi sebagai balasan atas upaya permufakatan jahat untuk membawa narkoba ke dalam rutan.

Yogi mengatakan prosesi kunjungan penduduk bimbingan di Rutan Kelas II B Bantul dilaksanakan sesuai standar operasional prosedur, salah satunya dengan melakukan penggeledahan badan.

Dia memastikan semua orang yang hendak berjamu wajib mengikuti penggeledahan badan secara ketat.

Kepala Kanwil Kemenkumham DIY Agung Rektono Seto menekankan seluruh lapas/rutan memerangi penyeludupan narkoba dengan menjalankan SOP dengan baik dalam kunjungan penduduk binaan

"Jangan sampai kita memberi tempat kepada kejahatan luar biasa ini lantaran bakal memberikan akibat negatif yang ppetunjuk," kata Agung.

Menurut dia, penggagalan penyeludupan narkoba tersebut lantaran para petugas Rutan Kelas II B Bantul senantiasa siaga dalam bertugas.

"Kami mengpenghargaan para petugas di Rutan Kelas II B Bantul yang siaga dan akhirnya sukses melakukan penggagalan. Kesiapsiagaan ini mesti dipertahankan untuk menjaga rutan tetap bersih dari narkoba," kata dia.
Baca juga: Petugas gagalkan penyeludupan narkoba ke dalam Rutan Putussibau
Baca juga: Petugas Rutan Poso gagalkan penyeludupan sabu dalam rutan


Editor: Mahfud
Copyright © BERITAJA 2024







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close