Trending

Petani Situbondo terancam gagal panen, rugi ratusan juta akibat banjir - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Jadi, biasanya petani di Desa Klatakan menjelang Ramadhan banyak menanam buah melon dan semangka, tapi lantaran banjir petani pastinya mengalami kerugian nan cukup besar

Situbondo (BERITAJA.COM) - Pemerintahan Desa Kalatakan, Kecamatan Kendit, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, mencatat puluhan hektare (ha) lahan pertanian terancam kandas panen dan kerugian ditaksir ratusan juta rupiah terakibat banjir akibat luapan air Sungai Kukusan desa setempat pada Selasa (28/2) lalu.

Kepala Desa Klatakan, Narwiyoto, menyatakan bahwa 50 persen dari 45 hektare lahan pertanian seperti padi dan tanaman hortikultura nan juga terakibat banjir dipastikan kandas panen.

"Bisa dipastikan dari puluhan hektare lahan pertanian nan terkena banjir beberapa hari lampau 50 persen kandas panen, lantaran kerusakan pertanian akibat banjir cukup ppetunjuk," kata Narwiyoto di Situbondo, Sabtu.

Tidak hanya tanaman padi, lanjut dia, tanaman hortikultura, seperti melon dan semangka, milik petani di desa itu juga rusak, dan diperkirakan kerugian tanaman semangka dan melon ratusan juta rupiah.

Berita lain dengan Judul: Banjir Situbondo juga rusak prasarana kerugian capai Rp2 miliar

"Jadi, biasanya petani di Desa Klatakan menjelang Ramadhan banyak menanam buah melon dan semangka, tapi lantaran banjir petani pastinya mengalami kerugian nan cukup besar," ucap Narwiyoto.

Narwiyoto mengaku telah melaporkan dan berkoordinasi dengan pihak Kecamatan Kendit dan laporan akibat banjir terhadap lahan pertanian di desa itu juga disampaikan ke Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan setempat.

"Kami dari pemerintahan desa juga sudah melakukan antisipasi memperbaiki sementara tanggul sungai nan jebol akibat banjir," katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Situbondo Haryadi Tejo Laksono hingga saat ini belum bisa dikonfirmasi mengenai info lahan pertanian terakibat banjir.

Berita lain dengan Judul: 613 rumah penduduk kebanjiran luapan air sungai di Situbondo
Berita lain dengan Judul: Banjir bandang terjang ratusan rumah di Situbondo



COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close