Trends

Penyaluran pupuk dan benih tanaman hortikultura bantu petani aru - BeritAja

Sedang Trending 11 bulan yang lalu
beritaja.com

Ambon (BERITAJA.COM) - Program pemerintah melalui Dinas Pertanian Maluku nan menyalurkan support pupuk serta bibit cabe dan bibit tanaman hortikultura berupa jenis jenis sayuran sangat membantu ekonomi golongan tani di Kabupaten Kepulauan Aru dalam memenuhi kebutuhan secara lokal.

"Tahun anggaran 2022 dialokasikan anggaran Rp99,8 juta untuk pengadaan pupuk SP-36 dan pupuk NPK serta bibit cabe kepada delapan golongan tani di Kabupaten Kepulauan Aru," kata wakil ketua Komisi II DPRD Maluku, Temy Oersipuny di Ambon, Sabtu.

Sedangkan alokasi anggaran sebesar Rp35,5 juta untuk pengadaan bibit sayuran seperti bayam cabut, kangkung cabut, sawi hijau, serta pari lipa nan telah disalurkan kepada sejumlah golongan tani di Kabupaten Kepulauan Aru.

Menurut dia, untuk pengembangan jenis jenis sayuran ini dilakukan pada luas lahan nan bervariasi ukurannya seperti golongan tani Lestari mendapatkan support bibit bayam cabut, kangkung cabut dan sawi hijau masing-masing 37 balut dan ditambah 27 balut bibit pari lipa.

Puluhan golongan tani lainnya mendapatkan support bibit sayuran nan bervariasi antara satu hingga sepuluh balut bibit untuk dikembangkan pada lahan pekarangan nan mereka miliki.

Sedangkan untuk delapan golongan tani penerima support bibit cabe dan pupuk masing-masing menerima bibit cabe serta 150 Kg pupuk NPK serta 250 Kg pupuk SP-36.

"Penanaman cabe ini juga sesuai imbauan pemerintah untuk menekan laju inflasi wilayah lantaran dipicu kenaikan nilai komoditas pangan," ucapnya.

Sehingga pemerintah provinsi melalui Dinas Pertanian Maluku menggelar pencanangan aktivitas menanam cabe seluas 100 hektar dan bawang merah 66,4 hektar di 11 kabupaten dan kota, termasuk di Kabupaten kepulauan Aru.

Berita lain dengan Judul: Program "Pelita Si Tani" optimalkan pembiayaan petani di Maluku

Berita lain dengan Judul: Elektrifikasi pertanian tingkatkan omset petani buah naga Maluku

Daniel Leonard
Nurul Aulia Badar
COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023





Baca Juga:
  • Bahasa Banjar Translate dan Artinya
  • Pantun Bahasa Banjar
  • 10 Tanda Baca dalam Alquran
  • Terkini! Waktu Sholat Banjarmasin
  • Lengkap A-Z, Rekomendasi Nama Nama Bayi Laki Laki Islami dan Artinya
  • Lengkap! A-Z, Nama Nama Bayi Perempuan Islami dan Artinya


  • Kategori:



    Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di



    close