Trending

Pengamat sebut duet Ganjar-Erick sesuai aspirasi publik - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Jakarta (BERITAJA.COM) - Pengamat politik Burhanuddin Muhtadi menyebut kandidat duet calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) Ganjar Pranowo-Erick Thohir merupakan paduan nan sesuai dengan aspirasi publik.

"Duet Ganjar-Erick sesuatu nan patut dirayakan. Pemilih mendapatkan saluran capres sesuai dengan aspirasi nan publik inginkan," kata Burhanuddin dalam keterangan nan diterima di Jakarta, Sabtu.

Pasangan tersebut merupakan corak realisasi aspirasi publik untuk kepemimpinan Indonesia selanjutnya, katanya. Usulan duet Ganjar-Erick telah dikemukakan Partai Amanat Nasional (PAN) dalam Rapat Koordinasi Pemenangan Pemilu 2024 di Kota Semarang, Jawa Tengah.

Burhanuddin mengatakan duet Ganjar-Erick merupakan jawaban dari siapa penerus Presiden Joko Widodo di pemerintahan. Duet tersebut di tengah masyarakat terasosiasi kuat dengan Presiden Jokowi, tambah Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia itu.

Berita lain dengan Judul: Pengamat: Duet Ganjar-Erick paling laku di pasar pemilu

Ganjar Pranowo diketahui mempunyai karakter kepemimpinan nan mirip dengan Jokowi. Gubernur Jawa Tengah itu pun kerap melakukan "blusukan".

Selain itu, Ganjar juga merupakan kader PDI Perjuangan dan berasal dari Jawa Tengah, seperti Jokowi nan berasal dari Surakarta, Jawa Tengah. Sementara itu, Burhanuddin menilai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir merupakan sosok menteri terbaik nan dimiliki Jokowi.

Berbagai penugasan nan diberikan Jokowi sukses diselesaikan Erick, seperti penanggulangan pandemi COVID-19, pemulihan ekonomi nasional, bersih-bersih sekaligus transformasi BUMN, hilirisasi sumber daya alam Indonesia, hingga pengamanan sepak bola Indonesia.

Bahkan, Erick Thohir juga sempat disebut sebagai "kader" Jokowi di pemerintahan. Oleh lantaran itu, Burhanuddin mengatakan duet Ganjar-Erick merupakan simbol alias lambang dari keberlanjutan dari visi dan misi Jokowi di pemerintahan usai Pilpres 2024.

"Kami tahu Ganjar-Erick ini kan di antara capres dan cawapres paling diasosiasikan dengan Presiden (Jokowi), capres-cawapres nan paling melambangkan alias menyimbolkan keberlanjutan," ujarnya.

Berita lain dengan Judul: PAN siratkan Ganjar-Erick bakal diusung pada Pilpres 2024

Pendaftaran bakal capres dan cawapres dijadwalkan pada 19 Oktober-25 November 2023.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, pasangan capres dan cawapres diusulkan oleh partai politik alias campuran partai politik peserta pemilu nan memenuhi persyaratan perolehan bangku paling sedikit 20 persen dari jumlah bangku DPR alias memperoleh 25 persen dari bunyi sah secara nasional pada pemilu personil DPR sebelumnya.

Saat ini, ada 575 bangku di parlemen, sehingga pasangan capres dan cawapres pada Pilpres 2024 kudu mempunyai support minimal 115 bangku di DPR RI. Bisa juga, pasangan calon diusung oleh parpol alias campuran parpol peserta Pemilu 2019 dengan total perolehan bunyi sah minimal 34.992.703 suara.

Berita lain dengan Judul: PPP hormati langkah PAN siratkan dukung Ganjar-Erick di Pilpres 2024



COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close