Trends

Pengamat nilai Erick sebagai cawapres mampu dongkrak perolehan suara - BeritAja

Sedang Trending 11 bulan yang lalu
beritaja.com

Bobot politik nan dimiliki oleh Pak Erick Thohir ini besar

Jakarta (BERITAJA.COM) - Pengamat politik dari Lingkar Madani Indonesia (LIMA) Ray Rangkuti menilai Menteri BUMN Erick Thohir bisa mendongkrak perolehan bunyi di Pilpres 2024 jika diusung sebagai calon wakil presiden (cawapres) di Pilpres 2024.

"Erick Thohir juga punya keahlian untuk mendongkrak bunyi lantaran nan berkepentingan dapat menutup kelemahan-kelemahan nan dimiliki dari elektabilitas capres," kata Ray, dalam keterangan tertulis nan diterima di Jakarta, Rabu.

Hal tersebut, lanjutnya, disebabkan oleh tren elektabilitas Erick Thohir sebagai cawapres menunjukkan catatan positif nan signifikan.

Salah satunya, hasil survei dari Lembaga Survei Survei dan Polling Indonesia (SPIN) periode 3-13 Februari 2023 menunjukkan Erick Thohir sukses menduduki posisi teratas sebagai cawapres dengan support sebesar 17,1 persen.

Di samping itu, tambah Ray, tren elektabilitas nan positif itu juga menunjukkan bahwa Erick mendapatkan penerimaan nan baik dari masyarakat sebagai sosok cawapres.

Berita lain dengan Judul: Pengamat: Kapabilitas kepemimpinan perkuat kans Erick jadi cawapres

Berita lain dengan Judul: Pengamat nilai Erick Thohir matang pengalaman internasional

Dengan demikian, dia pun menilai Erick mempunyai berat politik besar nan dapat membawa akibat positif bagi partai politik nan mengusungnya di Pilpres 2024.

"Bobot politik nan dimiliki oleh Pak Erick Thohir ini besar," ucap Ray.

Sebelumnya, Ray telah menyampaikan ada beberapa aspek nan membikin Erick berpotensi besar menjadi cawapres dibandingkan tokoh-tokoh lain. Di antaranya, dia merupakan bagian dari family besar organisasi Islam terbesar di bumi dan di Indonesia, ialah Nahdlatul Ulama (NU).

Di samping itu, tambah dia, Erick merupakan sosok pemimpin di tingkat pusat nan paling menonjol lantaran bisa menyita perhatian masyarakat Indonesia berkah keahlian apik di Kementerian BUMN sekaligus menjadi menteri terbaik dan jagoan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Berdasarkan agenda nan telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, pendaftaran bakal calon presiden dan wakil presiden dijadwalkan dimulai pada 19 Oktober sampai dengan 25 November 2023.

Berita lain dengan Judul: Pengamat nilai style komunikasi Erick Thohir masuk ke semua kelompok

Sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (UU Pemilu), pasangan calon presiden dan wakil presiden diusulkan oleh partai politik alias campuran partai politik peserta pemilu nan memenuhi persyaratan perolehan bangku paling sedikit 20 persen dari jumlah bangku DPR alias memperoleh 25 persen dari bunyi sah secara nasional pada pemilu personil DPR sebelumnya.

Saat ini, terdapat 575 bangku di parlemen sehingga pasangan calon presiden dan wakil presiden pada Pilpres 2024 kudu mempunyai support minimal 115 bangku di DPR RI. Bisa juga, pasangan calon diusung oleh parpol alias campuran parpol peserta Pemilu 2019 dengan total perolehan bunyi sah minimal 34.992.703 suara.



COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023





Baca Juga:
  • Bahasa Banjar Translate dan Artinya
  • Pantun Bahasa Banjar
  • 10 Tanda Baca dalam Alquran
  • Terkini! Waktu Sholat Banjarmasin
  • Lengkap A-Z, Rekomendasi Nama Nama Bayi Laki Laki Islami dan Artinya
  • Lengkap! A-Z, Nama Nama Bayi Perempuan Islami dan Artinya


  • Kategori:



    Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di



    close