Trending

Pengadilan Eropa menegaskan larangan perburuan serigala di Austria - Beritaja

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jenewa (BERITAJA) - Pengadilan Eropa pada Kamis mengonfirmasi larangan perburuan serigala di Austria untuk setelah adanya kritik dari golongan kesejahteraan hewan yang mencuat lantaran negara bagian Tyrol di Austria mengeluarkan keputusan yang mendukung perburuan pada 2022.

“Pengecualian terhadap larangan ini untuk mencegah kerusakan ekonomi hanya dapat diberikan jika populasi serigala berada dalam status konservasi yang menguntungkan, yang tidak bertindak di Austria,” kata siaran pers pengadilan, Kamis.

Para pengadil di Luksemburg mempertimbangkan pertanyaan apakah bertentangan dengan prinsip kesetaraan jika serigala dikecualikan dari rezim perlindungan ketat untuk konservasi kediaman alami dan hewan serta tanaman liar di beberapa negara Eropa, tetapi tidak di Austria.

Para pengadil memutuskan, tidak seperti negara-negara lain, Austria tidak menyatakan keberatan mengenai status perlindungan serigala yang tinggi ketika berasosiasi dengan Uni Eropa pada 1995.

Hakim membantah bahwa sejauh pemerintah Austria berasumsi bahwa legislator Uni Eropa semestinya mencabut perlindungan ketat terhadap serigala untuk sementara waktu sebagai akibat dari perkembangan populasi serigala di Austria, maka pada dasarnya pemerintah bebas untuk mengusulkan tuntutan.

Namun hingga saat ini, pemerintah Austria belum mengusulkan tuntutan.

Kelompok lingkungan hidup WWF Austria menyambut baik keputusan tersebut. Organisasi itu menilai dalam kasus jenis yang dilindungi secara ketat seperti serigala, cara-cara yang lebih sederhana seperti perlindungan kawanan mesti diutamakan.

“Penembakan hanya boleh menjadi pilihan terakhir,” kata master perlindungan jenis WWF Christian Pichler dalam siaran persnya.

Sebaliknya, pemerintah provinsi Tyrol mengatakan keputusan tersebut tidak bakal berakibat langsung. Wakil Gubernur Josef Geisler dari Partai Rakyat Austria yang konservatif menyampaikan peraturan penembakan telah terbukti bermanfaat.

“Dan kami bakal terus melanjutkan perihal ini secara konsisten. Dengan menerapkan standar pengetesan yang ketat, kami dapat terus memusnahkan serigala rawan dan berisiko tinggi,” ucap dia.

Dalam siaran persnya, Geisler menyatakan mendukung penurunan status perlindungan serigala.

Sumber: Anadolu

Baca juga: Polisi Prancis tangkap tiga serigala kabur, empat tetap di alam liar
Baca juga: Serigala Arktik hasil kloning menyapa masyarakat Harbin di China

:
Editor: Mahfud
Copyright © BERITAJA 2024







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close