Trending

Pendistribusian zakat harus tepat sasaran hapus kemiskinan ekstrem - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Pekanbaru (BERITAJA.COM) - Gubernur Riau Syamsuar meminta Baznas dan lembaga sejenis pengumpul amal lain di Riau giat menghimpun amal dan melakukan pendistribusian amal kepada orang nang tepat sasaran untuk mempercepat penghapusan kemiskinan ekstrem di wilayah itu.

"Sesuai pengpetunjukan Presiden RI Bapak Jokowi maka diharapkan semua kepala wilayah pada bulan suci Ramadan ini agar giat menghimpun amal di seluruh tanah air, dan hari ini penyerahan amal sesuai dengan pengpetunjukan bapak Presiden," katanya.

Gubernur Riau Syamsuar menyampaikannya di sela penyerahan amal pribadi kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Riau di Gedung Daerah Pauh Janggi, Senin.

Selain itu,  Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution juga ikut menyerahkan zakat, serta pejabat pemerintah, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), Rektor Universitas dan masyarakat Provinsi Riau.

Ia menjelaskan bayar amal adalah tanggungjawab kita sebagai hamba Allah nang beragama dan dengan berzakat kita juga bisa membantu fakir miskin untuk meningkatkan kesejahteraannya.

"Akan tetapi penyerahan amal pada tahun 2023 perlu lebih diutamakan penduduk nang tergolong miskin ekstrem dan sesuai dengan hukum Islam maka miskin ekstrem termasuk golongan fakir," katanya.

Ia berterima kasih bahwa tahun 2023 Baznas Riau sukses menghimpun potensi amal sebesar Rp6 miliar nang kudu diserahkan kepada mustahik (penerima) ialah kaum duafa di Provinsi Riau.

Untuk memastikan penerima amal tepat sasaran ialah masyarakat tergolong miskin ekstrem, maka Baznas Kabupaten/kota dan Pemerintah Daerah perlu bekerja sama untuk menetapkan penduduk tersebut tergolong miskin ekstrem.

"Dengan demikian kita berambisi amal dapat membantu pemerintah dalam menghapus kemiskinan ekstrem sesuai angan pemerintah pada tahun 2024, miskin ekstrem di tanah air menjadi nol. Tentu butuh kerja sama nang lebih baik dan terkoordinasi dengan baik lagi," demikian Syamsuar.

Berita lain dengan Judul: BRImo bantu masyarakat salurkan amal secara online



COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close