Trending

Penasihat FKP IKN: Investor tetap antusias membangun Nusantara - Beritaja

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Jakarta (BERITAJA) - Anggota Dewan Penasihat Forum Komunikasi Pengusaha Ibu Kota Nusantara (FKP IKN) Sony Subrata mengatakan para penanammodal dalam FKP-IKN tetap antusias membangun ibu kota baru Indonesia itu, meskipun terjadi pergantian kepemimpinan struktural di OIKN.

“Para penanammodal yang tergabung di Forum Komunikasi Pengusaha IKN, sama sekali tidak terpengaruh dengan pergantian kepemimpinan di tubuh OIKN. Mereka tetap menunjukkan komitmen dan keseriusannya dalam membangun IKN,” kata Sony dalam keterangan diterima di Jakarta, Kamis.

Sony meyakini kepemimpinan dari pemimpin baru OIKN ialah Plt Kepala OIKN Basuki Hadimuljono dan Plt Wakil Kepala OIKN Raja Juli i bakal membantu pembangunan IKN semakin cepat.

“Kami sama sekali tidak cemas dengan kepemimpinan yang baru di tubuh OIKN. Para personil FKP IKN pun sangat yakin, di tangan Pak Basuki dan Pak Raja Juli i, pembangunan IKN bakal menjadi lebih sigap dan terpetunjuk,” katanya.

Pada awal Juni 2024, duet ketua pertama OIKN, ialah Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe mundur dari jabatannya. Setelah pengunduran Bambang dan Dhony, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menetapkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono sebagai pelaksana tugas Kepala Otorita IKN serta Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang Raja Juli i sebagai Plt Wakil Kepala Otorita IKN.

"Kami merasakan bahwa strategi pembangunan yang dilakukan Bapak Presiden Joko Widodo yang Indonesia sentris. Semoga IKN di tangan kepemimpinan Pak Basuki dan Pak Raja Juli i, IKN bakal menjadi bentuk pemerataan pembangunan di Indonesia,” kata dia.

Setelah pengunduran diri Bambang dan Dhony, muncul spekulasi mengenai kekhawatiran bakal terhambatnya investasi di IKN. Namun, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia juga sudah menegaskan bahwa proses investasi di IKN tidak bakal ada masalah.

Baca juga: Menteri Bahlil tekankan investasi di IKN tidak macet

"Oh tidak ada masalah semuanya jalan kok, bagus," kata Bahlil saat ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (10/6).

Bahlil juga menjelaskan bahwa tidak ada keluhan dari penanammodal pascamundurnya kepala dan wakil kepala OIKN tersebut. DIa meyakini proses investasi di IKNmampu lebih sigap lantaran ditangani oleh Menteri Pekerjaan dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono yang saat ini juga menjabat Plt. Kepala Otorita IKN.

"Tidak ada (keluhan). Malah mereka berterima kasihmampu lebih sigap lantaran ditangani Pak Basuki,” katanya.

Baca juga: Bambang Susantono mundur dari Kepala OIKN lantaran penghasilan tidak dibayar, benarkah?

Indra Arief Pribadi
Editor: Mahfud
Copyright © BERITAJA 2024







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close