Trending

Pemprov Sumut mendorong koperasi tingkatkan kapasitas - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Kami berambisi agar para pendamping koperasi/PPKL semakin meningkatkan kapabilitas dirinya.

Medan (BERITAJA.COM) - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) melalui Dinas Koperasi dan UKM terus mendorong koperasi konvensional di Sumut semakin meningkatkan kapabilitas menuju koperasi modern berbasis digital.

Kadis Koperasi dan UKM Sumut Suherman, diwakili Kabid Kelembagaan Unggul Sitanggang mengatakan untuk meningkatkannya adalah dengan melatih kapabilitas Petugas Penyuluh Koperasi Lapangan (PPKL) nang ada di Sumut.

"Sehingga pada hari ini, kami menggelar pengpetunjukan teknis (bimtek) kepada Petugas Penyuluh Koperasi Lapangan di Sumut," kata Unggul pada aktivitas Bimtek PPKL, di Medan, Jumat.

Bimbingan teknis nang diikuti 57 PPKL tersebut telah berjalan sejak Rabu (15/3). Unggul dalam kesempatan itu juga menyampaikan agar koperasi di Sumut kudu terus ditumbuhkembangkan.

Bimbingan teknis itu bermaksud untuk menargetkan agar para pendamping semakin berkedudukan aktif dalam meningkatkan jumlah koperasi aktif dan melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) serta meningkatkan jumlah koperasi nang mendapatkan SNIK

"Kami berambisi agar para pendamping koperasi/PPKL semakin meningkatkan kapabilitas dirinya untuk membina koperasi, baik dari aspek kelembagaan maupun dari sisi pengawasannya, mengingat koperasi tetap dipertahankan sebagai sokoguru perekonomian nasional, termasuk wilayah kita masing-masing," katanya pula.

Menurut dia, Dinas Koperasi UKM mengharapkan seluruh pelaku upaya koperasi, dapat menyelaraskan diri dengan regulasi-regulasi terbaru tentang perkoperasian.

"Ada regulasi, UU Perkoperasian nang baru ialah koperasi dapat menjadi off taker dan startup di dalam memajukan upaya personil dengan ekonomi nang berekosistem. Artinya kesempatan maju dan bertumbuh, juga tidak terlepas dari kemauan pelaku koperasi itu mengikuti patokan nang ada," ujarnya lagi.

Hadir sebagai narasumber pada Bimtek PPKL tersebut, ialah dari Biro Pengadaan Barang dan Jasa Setdaprov Sumut, Kepala Divisi Perwakilan LPDB Sumbagut, Deputi Kewirausahaan Kemenkop UKM RI, dan Deputi Perkoperasian Kemenkop UKM RI.
Berita lain dengan Judul: Menkop: koperasi Sumut berkontribusi nasional
Berita lain dengan Judul: ITFC gandeng UKM dan koperasi kopi di Sumatera Utara

Anggi Luthfi Panggabean
Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close