Trends

Pemprov Sulsel-BSSN luncurkan aplikasi PILAR antisipasi ancaman siber - BeritAja

Sedang Trending 11 bulan yang lalu
beritaja.com

Selain itu juga dilakukan penguatan terhadap penjaminan keamanan info milik pemerintah daerah

Makassar (BERITAJA.COM) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) berkolaborasi meluncurkan aplikasi Pusat Informasi Layanan Aduan Siber dan Persandian (PILAR) untuk mengantisipasi ancaman siber.

Aplikasi berjulukan PILAR Persandian ini secara resmi diluncurkan Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaeman dan Plt Deputi Bidang Keamanan Siber dan Sandi Pemerintahan dan Pembangunan Manusia (Deputi III) BSSN Hasto Prastowo di Makassar, Selasa.

Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaeman mengatakan Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian bersama BSSN telah melakukan beragam langkah strategis untuk mewujudkan keamanan siber diantaranya aktivitas literasi budaya keamanan siber.

"Selain itu juga dilakukan penguatan terhadap penjaminan keamanan info milik pemerintah daerah, nan dilakukan melalui jasa kejuaraan siber dan sandi, serta penerapan sertifikat elektronik nan terintegrasi dengan sistem jasa publik," urai Andi Sudirman.

PILAR Persandian Pemprov Sulsel  ini bermaksud untuk mendorong terwujudnya tata kelola pemerintahan nan bersih, efektif, transparan dan akuntabel serta peningkatan pelayanan publik nan berkualitas, melalui penerapan sistem pemerintahan berbasis elektronik nan sering disebut SPBE alias Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik.

Semakin masifnya penerapan SPBE pada masing-masing lembaga dimulai dari pemerintah pusat, pemerintah wilayah sampai unit terkecil di sebuah wilayah nan bermaksud mewujudkan tata kelola pemerintahan nan efektif dan transparan sehingga pelayanan publik dapat melangkah secara optimal.

Namun perihal tersebut membuka celah kerawanan dan potensi ancaman terhadap keamanan info nan tidak hanya dari segi kerahasiaan, tetapi juga dari segi keutuhan, keaslian, kesiapan dan anti penyangkalan.

Plt Deputi Bidang Keamanan Siber dan Sandi Pemerintahan dan Pembangunan Manusia (Deputi III) BSSN Hasto Prastowo menyebutkan, masalah keamanan tidak bisa berdiri sendiri termasuk di bagian siber sehingga dibutuhkan kolaborasi.

"Kami menyadari dinas Kominfo perintah wilayah merupakan mitra krusial untuk BSSN terutama dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan siber di Indonesia," ujar dia.

Peluncuran aplikasi PILAR Persandian dan Penandatanganan perpanjangan Perjanjian Kerjasama ini dihadiri oleh Muh Arifin Nur, Sekda Kota Parepare, Iwan Asaad, Sekda Kabupaten Jeneponto, Sigit Kurniawan, Kepala Biro Hukum dan Komunikasi Publik, Sekretariat Utama BSSN, Andi Makkaraka, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Kabupaten Soppeng, Para Kepala Organisasi Perangkat Daerah Lingkup Pemprov Sulsel, Para Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik Dan Persandian / Kepala Dinas Persandian Dan Statistik Kabupaten/Kota Se Sulawesi Selatan, Para Pejabat Pengelola Keamanan Informasi dan Persandian Se-Sulawesi Selatan.
Berita lain dengan Judul: BSSN komitmen terus berkedudukan membangun keamanan siber nasional
Berita lain dengan Judul: BSSN latih kementerian, TNI hingga Polri jaga keamanan siber nasional
Berita lain dengan Judul: Kemenkes pastikan keamanan info pengguna aplikasi Satu Sehat

Nur Suhra Wardyah

COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023





Baca Juga:
  • Bahasa Banjar Translate dan Artinya
  • Pantun Bahasa Banjar
  • 10 Tanda Baca dalam Alquran
  • Terkini! Waktu Sholat Banjarmasin
  • Lengkap A-Z, Rekomendasi Nama Nama Bayi Laki Laki Islami dan Artinya
  • Lengkap! A-Z, Nama Nama Bayi Perempuan Islami dan Artinya


  • Kategori:



    Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di



    close