Trending

Pemprov sebut lima wilayah di Bengkulu berpotensi jadi lumbung pangan - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Di tengah krisis lahan persawahan di Provinsi Bengkulu, ada lima wilayah di wilayah tersebut nang tetap berpotensi menjadi lumbung pangan

Kota Bengkulu (BERITAJA.COM) - Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Provinsi Bengkulu menyebut bahwa ada lima wilayah berpotensi menjadi lumbung pangan wilayah guna menghadapi ancaman krisis pangan.

Lima wilayah tersebut ialah Kabupaten Bengkulu Selatan, Kabupaten Seluma, Kabupaten Mukomuko, Kabupaten Kaur dan Kabupaten Bengkulu Tengah.

"Di tengah krisis lahan persawahan di Provinsi Bengkulu, ada lima wilayah di wilayah tersebut nang tetap berpotensi menjadi lumbung pangan daerah," kata Kepala Bidang Prasarana dan Sarana Pertanian TPHP Provinsi Bengkulu Helmi Yuliandri di Kota Bengkulu, Ahad.

Untuk lima wilayah tersebut, Pemerintah Provinsi Bengkulu bakal membikin izin perlindungan lahan produksi sektor pertanian berkepanjangan alias lumbung pangan daerah.

Oleh lantaran itu, kata Helmi, Pemerintah Provinsi Bengkulu terus mengusulkan ekspansi lahan ke pemerintah pusat, namun terkendala lantaran terdapat tumpang tindih perizinan sektor pertambangan di lahan persawahan.

Lanjutnya, untuk mencukupi kebutuhan pangan masyarakat Bengkulu dibutuhkan sekitar 75 ribu hektare lahan persawahan, sehingga lima wilayah tersebut dapat membantu memenuhi kebutuhan pangan.

Sementara itu, pihaknya mengimbau kepada seluruh petani untuk waspada terhadap produk pupuk tiruan nang beredar di pasaran menjelang musim tanam.

"Diimbau agar para petani lebih teliti dalam membeli pupuk lantaran banyak beredar produk ilegal," terang Helmi.

Oleh karena itu para petani diminta untuk lebih selektif dalam memilih pupuk untuk pertanian, karena penggunaan pupuk terlarangan mempunyai nilai nang nyaris sama dengan produk bersubsidi namun bakal menimbulkan akibat negatif terhadap kesuburan tanah.

Anggi Mayasari

COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close