Trending

Pemprov Kalsel buatkan tempat gratis bagi UMKM di pasar Ramadhan - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Banjarbaru (BERITAJA.COM) -

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Pemprov Kalsel) memberikan tempat cuma-cuma alias stan tempat berbisnis bagi upaya mikro mini menengah (UMKM) wilayah ini, di pasar Ramadhan 1444 Hijriah alias 2023 Masehi.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemprov Kalsel H Nurul Fajar Desira Ces, di Banjarbaru, Senin, menyampaikan sesuai pengpetunjukan Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, Pemprov Kalsel menggelar pasar Ramadhan 1444 H alias 2023.

Menurutnya, pasar Ramadhan nan dibuat Pemprov Kalsel direncanakan di Jalan Sudirman alias dari O Kilometer depan Siring Sungai Martapura hingga ke eks Kantor Gubernur Kalsel di Banjarmasin.

"Sesuai dengan pengpetunjukan Gubernur, pasar Ramadhan ini sepenuhnya gratis, tidak berbayar sewa tempat untuk pengurus pedagang pasar wadai maupun UMKM bimbingan Diskop-UKM Kalsel. Karena itu, kami berharap support dari stakeholder mengenai agar perihal tersebut bisa melangkah lancar," ujarnya.

Fajar menyebutkan, aktivitas pasar Ramadhan sebagai salah satu upaya Pemprov Kalsel dalam mengendalikan inflasi nan biasa terjadi pada bulan Ramadhan.

Dia menyatakan pula, memasuki Ramadhan biasanya harga-harga bakal naik, lantaran itu pemprov mau manfaatkan pasar Ramadhan ini sebagai media untuk pengendalian inflasi di Banua (Kalsel).

Menurut Fajar, inflasi di Kalsel tetap cukup tinggi, yakni 6,11 persen, salah satu pemicunya komoditas beras lokal nan tetap tinggi nilai jualnya.

Fajar menegaskan, beragam upaya dilakukan Pemprov Kalsel bekerja-sama dengan pemerintah kabupaten/kota untuk menurunkan persentase inflasi ini, seperti operasi pasar murah nan sudah dilakukan, termasuk pasar Ramadhan nan bakal dilakukan.

Untuk penyelenggaraan pasar Ramadhan ini, ujar dia, terus dimatangkan dengan terus menjalin koordinasi berbareng semua unsur ketua wilayah untuk berbareng menyukseskannya.

Sukarli
Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close