Pemprov Kalsel buat MoU dengan Badan Siber dan Sandi Negara - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu
beritaja.com

Banjarmasin (BERITAJA.COM) -

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui dinas komunikasi dan informatika provinsi setempat membikin perjanjian kerjasama dalam corak penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

"Dalam rangka meningkatkan keamanan Siber di Pemprov Kalsel," ujar Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kalsel H Muhammad Muslim di Banjarbaru, Rabu.

Menurutnya, pemeliharaan dan pengawalan keamanan di bagian Siber diperlukan sinergitas dengan beragam pihak, salah satunya dengan BSSN.

"Maka dari itu, kita sangat mendukung sekali kerjasama ini," ujarnya.

Muslim menerangkan, keamanan Siber kudu ditingkatkan agar tidak ada kebocoran info alias sejenisnya.

“Ketika keamanan Siber ditingkatkan, andaikan terjadi serangan Siber bisa kita atasi dengan cepat," tuturnya.

Sementara itu Kepala Bidang Persandian dan Keamanan Informasi Diskominfo Kalsel, Tanwiriah berharap, komunikasi dengan BSSN terus intens agar keamanan Siber dapat dilakukan secara optimal.

"Kita berambisi kerjasama dan komunikasi dengan BSSN terus berjalan, sehingga keamanan Siber dapat selalu kita jaga," ujarnya.

Sebelumnya, Diskominfo Kalsel mendorong seluruh pemerintah kabupaten/kota untuk membentuk Tim Tanggap Insiden Keamanan Komputer alias Computer Security Incident Response Team (CSIRT).

Menurut Kadiskominfo Kalsel M Muslim, perkembangan era digital nan semakin pesat diikuti dengan ancaman Siber nan juga semakin tinggi. 

Oleh lantaran itu, sangat krusial bagi pemerintah wilayah mempunyai CSIRT, untuk mengamankan sistem serta info dan infomasi nan dimiliki agar tidak disalahgunakan dan merugikan pemerintah juga masyarakat.

"Informasi nan ada di pemerintahan menjadi salah satu sasaran serangan siber. Oleh lantaran itu, Dinas Kominfo provinsi Kalsel secara berjenjang mendorong seluruh kabupaten/kota membentuk CSIRT, salah satunya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik," demikian kata Muslim.





Baca Juga:
  • Bahasa Banjar Translate dan Artinya
  • Pantun Bahasa Banjar
  • 10 Tanda Baca dalam Alquran
  • Terkini! Waktu Sholat Banjarmasin
  • Lengkap A-Z, Rekomendasi Nama Nama Bayi Laki Laki Islami dan Artinya
  • Lengkap! A-Z, Nama Nama Bayi Perempuan Islami dan Artinya


  • Kategori:



    Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
    close