Trending

Pemprov Jatim kembangkan angkutan umum rute Bangkalan-Surabaya - Beritaja

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Bangkalan (BERITAJA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur mengembangkan pikulan umum Trans Jatim rute Bangkalan-Surabaya untuk memberikan jasa transportasi umum yang layak dengan tarif terjangkau.

Menurut Penjabat (Pj) Bupati Bangkalan Arief M Edie di Bangkalan, Jawa Timur, Kamis, selain untuk membantu masyarakat di bagian jasa transportasi umum, penyediaan pikulan umum itu juga untuk mendorong kemajuan dan pengembangan ekonomi Jawa Timur.

"Penyediaan jasa transportasi umum ini juga dimaksudkan agar masyarakat Bangkalan yang bekerja di Surabaya tidak kesulitan transportasi andaikan hendak berangkat dan pulang kerja," katanya.

Selain itu, penduduk Bangkalan yang bekerja di Surabaya tidak mesti tinggal di Surabaya, bakal tetapimampu pulang ke Bangkalan.

Arief menjelaskan, penyediaan transportasi umum rute Bangkalan-Surabaya oleh Pemprov Jatim ini merupakan upaya terpadu dan berkesinambungan dari beberapa wilayah di Jawa Timur.

"Sebab, rute yang dibuka untuk Trans Jatim oleh pemprov melalui Dinas Perhubungan Jawa Timur tersebut bukan hanya rute Bangkalan-Surabaya saja, bakal tetapi juga di sejumlah kabupaten/kota lain di sekitar Surabaya," katanya, menjelaskan.

Sebelumnya pada aktivitas obrolan golongan terpetunjuk pada 9 Juli 2024 yang digelar di Pendopo Pemkab Bangkalan, Kepala Dishub Jatim Nyono menjelaskan bahwa Trans Jatim telah menghubungkan beberapa wilayah di Jawa Timur melalui tiga rute koridor yang telah beroperasi, plus koridor 4 rute Lamongan-Gresik yang bakal diluncurkan pada Agustus 2024.

Trans Jatim rute Bangkalan-Surabaya masuk koridor 5. "Dan untuk koridor 5 ini, kami telah menyediakan sebanyak 15 unit bus," kata Nyono.

Tidak hanya itu, di koridor 5 dengan rute sepanjang 59 kilometer itu juga telah disiapkan 45 halte yang tersebar di wilayah Surabaya dan Bangkalan.

Pemprov Jatim, sambung dia, telah berkoordinasi dengan pihak Pemkab Bangkalan mengenai letak halte di wilayah-wilayah strategis di Bangkalan.

"Karena itu, rute bus Trans Jatim Koridor 5 ini jugamampu dijadikan sarana wisata religi," katanya.

"Tarifnya ialah sebesar Rp2.500 untuk pelajar dan Rp5 ribu untuk masyarakat umum yang dapat diakses melalui aplikasi Trans Jatim Ajaib maupun loket di terminal. Dengan tarif murah ini diharapkanmampu menjangkau seluruh lapisan masyarakat serta menarik minat masyarakat untuk menggunakan transportasi umum," kata Nyono menambahkan.

Baca juga: Layanan Bus Trans Jatim siap diperluas ke Lamongan dan Bangkalan

Baca juga: Damri resmi operasikan Trans Jatim rute Sidoarjo - Surabaya - Gresik

Abd Aziz
Editor: Mahfud
Copyright © BERITAJA 2024







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close