Trends

Pemkot Jakbar tetapkan tujuh tahap pembinaan UMKM - BeritAja

Sedang Trending 11 bulan yang lalu
beritaja.com

Jakarta (BERITAJA.COM) - Pemerintah Kota Jakarta Barat melalui Suku Dinas Perindustrian l, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah setempat telah menetapkan tujuh tahap pembinaan untuk UMKM Jakpreneur.

Tujuh tahap itu terdiri dari pendaftaran, pelatihan, pendampingan, perizinan, pemasaran, pelaporan finansial hingga support permodalan.

Untuk pendaftaran, Sekretaris Kota Jakarta Barat, Iin Mutmainah di Jakarta, Rabu, bisa dilakukan penduduk di petugas (sudin) terkait  nan ada di setiap kecamatan.

Selanjutnya, penduduk mulai melakukan training sesuai dengan bagian nan diinginkan seperti membikin upaya kuliner hingga kerajinan tangan.

Setelah itu, para peserta bakal melewati masa pendampingan pelaku UMKM di wilayah. Lalu Pemerintah Kota Jakarta Barat (Pemkot Jakbar) bakal membantu peserta UMKM dalam mengurus izin produk dan usaha.

Di tahap ke lima, pihaknya bakal membantu peserta UMKM mempromosikan produk dengan menggelar bazar. Selanjutnya, para peserta UMKM bakal dilatih untuk membikin pembukuan duit untuk mengatur pengeluaran dan pemasukan usaha.

Berita lain dengan Judul: Jakbar siapkan mobil unik untuk training kerja keliling

Terakhir, pihak Pemkot Jakbar bakal membantu pelaku UMKM mencarikan bank untuk support permodalan.

Iin memastikan program tersebut sudah berjalan di beberapa sudin mengenai seperti Suku Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Energi, Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian, Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Suku Dinas Sosial dan beberapa suku dinas lain.

Dengan upaya tersebut, dia berambisi UMKM di Jakarta Barat bisa terus menjadi motor penggerak ekonomi menengah ke bawah.

Sebelumnya, Kepala Suku Dinas PPKUMKM Jakarta Barat, Iqbal Idham Ramid mengatakan, tercatat ada 40.000 UMKM nan terdaftar sebagai personil Jakpreneur 2023.

Mereka tengah menjalani ke 7 proses tersebut guna menjadi pelaku UMKM nan siap bersaing di bumi usaha.

Berita lain dengan Judul: Sudin Naketransgi Jakbar gelar program training kerja 2023

Pemkot Jakbar terus mendukung para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dari segi internal dan ekstra dalam mengembangkan usaha.

"Faktor internal dan eksternal nan kudu kita berikan tidak hanya seremonial belaka," katanya.

Iin menilai support itu wajib dilakukan demi mendukung aktivitas perekonomian di kalangan masyarakat menengah ke bawah.

Faktor internal nan dimaksud Iin, ialah memicu semangat para pelaku UMKM untuk bersaing dengan bumi usaha. Sedangkan faktor eksternal adalah support berupa training usaha, akomodasi perangkat hingga membantu mendapatkan modal usaha.
 



COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023





Baca Juga:
  • Bahasa Banjar Translate dan Artinya
  • Pantun Bahasa Banjar
  • 10 Tanda Baca dalam Alquran
  • Terkini! Waktu Sholat Banjarmasin
  • Lengkap A-Z, Rekomendasi Nama Nama Bayi Laki Laki Islami dan Artinya
  • Lengkap! A-Z, Nama Nama Bayi Perempuan Islami dan Artinya


  • Kategori:



    Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di



    close