Trends

Pemkot Jakbar gandeng BUMD dan universitas untuk bina UMKM - BeritAja

Sedang Trending 11 bulan yang lalu
beritaja.com

Jakarta (BERITAJA.COM) - Pemerintah Kota Jakarta Barat menggandeng Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan universitas dalam pembinaan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lingkup
Jakpreneur.

"Kemarin kita sudah undang dari universitas, organisasi hingga BUMD agar tahun ini bekerjasama mengembangkan UMKM kita," kata Kepala Suku Dinas Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (PPKUMKM) Jakarta Barat, Iqbal Idham Ramid saat dihubungi di Jakarta, Rabu.

Para pihak tersebut bekerjasama dalam tujuh tahapan (7P) training Jakprenuer, ialah pendaftaran, pelatihan, pendampingan, perizinan, pemasaran, pelaporan finansial hingga permodalan.

Dia mencontohkan kerja sama dengan Universitas Trisakti nan bakal melatih peserta UMKM membikin laporan finansial pemasukan dan pengeluaran.

Nantinya, para pengajar Universitas Trisakti memberikan training teknis kepada pelaku UMKM. Setelah itu, para pengajar mengirimkan mahasiswanya untuk mendampingi pelaku UMKM dalam membikin pembukuan usaha.

Berita lain dengan Judul: Pemkot Jakbar tetapkan tujuh tahap pembinaan UMKM

Berita lain dengan Judul: Pemkot Jakbar dan Bank DKI gelar pagelaran produk UMKM

Selain itu, BUMD PT Food Station Tjipinang Jaya juga bakal membantu meramaikan pagelaran pelaku UMKM dengan membuka gerai pangan murah. Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi) juga membantu meramaikan pagelaran UMKM di setiap kecamatan.

"Mereka bakal menggelar lomba 'make up' (merias) sampai lomba mewarnai untuk anak anak," kata dia.

Tidak hanya itu, pihaknya juga telah bekerjasama dengan Bank BJB, Bank Mandiri dan Bank BRI untuk membantu para pelaku UMKM dalam permodalan usaha.

Kolaborasi itu bakal berjalan tahun ini. Dengan upaya tersebut, dia berambisi 40.000 UMKM di Jakarta Barat bisa lebih mudah mengembangkan usahanya.



COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023





Baca Juga:
  • Bahasa Banjar Translate dan Artinya
  • Pantun Bahasa Banjar
  • 10 Tanda Baca dalam Alquran
  • Terkini! Waktu Sholat Banjarmasin
  • Lengkap A-Z, Rekomendasi Nama Nama Bayi Laki Laki Islami dan Artinya
  • Lengkap! A-Z, Nama Nama Bayi Perempuan Islami dan Artinya


  • Kategori:



    Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di



    close