Trending

Pemkab Siak ajak pelaku usaha daftar Program Sertifikasi Halal Gratis - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

produk nang masuk, beredar dan diperdagangkan di wilayah Republik Indonesia, wajib bersertifikat halal

Siak, Riau (BERITAJA.COM) - Pemerintah Kabupaten Siak Provinsi Riau membujuk pelaku upaya mikro dan mini mendaftar Program Sertifikasi Halal Gratis (Sehati) dari Kementerian Agama untuk satu juta nang pertama melalui skema pernyataan pelaku upaya (sef-declare).

Wakil Bupati Siak Husni Merza di Siak, Sabtu, mengatakan sertifikat legal ini diperuntukkan untuk produk makanan, minuman, jasa sembelihan dan perangkat sembelihan. Lalu bahan baku bahan tambahan pangan, bahan penolong untuk makanan dan minuman.

"Jika sampai 17 Oktober 2024 belum bersertifikat halal, maka dapat dikenakan hukuman sesuai peraturan perundang-undangan nang berlaku," kata Husni Merza.

Dikatakannya, imbauan ke seluruh lapisan masyarakat ini serentak dilakukan di 1.000 titik letak di Indonesia. Imbauan ini untuk para pelaku upaya baik mikro, kecil, menengah maupun besar untuk segera mendaftarkan produknya agar bersertifikat halal.

Berita lain dengan Judul: Sebanyak 400 produk UMKM di Situbondo dapat sertifikat legal gratis

Berita lain dengan Judul: Menkop UKM desak BPOM dan BPJPH percepat pengurusan sertifikasi halal

Menurutnya, perihal ini dilakukan untuk mewujudkan Indonesia menjadi produsen produk legal nomor satu di dunia, ialah dengan semboyan "Halal Indonesia untuk Masyarakat Dunia” lantaran legal itu baik, legal itu sehat, legal itu berkah.

Dia mengatakan sesuai Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014, bahwa produk nang masuk, beredar dan diperdagangkan di wilayah Republik Indonesia, wajib bersertifikat halal.

Kewajiban bersertifikat legal itu, merupakan komitmen pemerintah untuk memberikan kenyamanan, keamanan, keselamatan dan kepastian kesiapan Produk Halal bagi masyarakat. Berdasarkan perihal tersebut, sertifikasi legal menjadi salah satu program prioritas di Kementerian Agama.

"Karena menjadi salah satu tanggungjawab kami Pemerintah Kabupaten Siak nang kebanyakan Muslim, untuk memastikan masyarakat mendapatkan asupan makanan nang bersertifikat halal," ucap Husni.

Berita lain dengan Judul: Pemprov Aceh siapkan klinik konsultasi urus sertifikat legal bagi UMKM

Berita lain dengan Judul: BI Sultra fasilitasi 50 pelaku UMKM urus Sertifikat Halal dan HAKI


 

Bayu Agustari Adha

COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close