Trending

Pemkab Nagan Raya : Rencana pembukaan Tahura Rawa Tripa libatkan warga - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Suka Makmue (BERITAJA.COM) - Pemerintah Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, menyambut baik rencana Yayasan Hutan Alam dan Lingkungan Aceh (Haka) membuka Taman Hutan Raya (Tahura) di area lahan gambut Rawa Tripa namun agar melibatkan penduduk masyarakat sekitar.

"Saya sangat setuju jika kelak dibuka Tahura ini, tapi tolong libatkan juga camat, kepala desa serta masyarakat setempat, lantaran mereka nang lebih tahu mengenai tanah nang bakal dijadikan letak Tahura ini," ujar Pj Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas, dalam keterangan diterima Selasa.

Hal ini dia sampaikan mengenai rencana Yayasan Hutan Alam dan Lingkungan Aceh (Haka) nang bakal membuka Taman Hutan Raya di Kabupaten Nagan Raya.

Fitriany mengatakan komunikasi dengan lintas pemangku kebijakan di Nagan Raya, bermaksud agar nantinya tidak ada penolakan dari masyarakat di kemudian hari.

“Karena masyarakat setidaknya sudah tahu mengenai status tanah nang dijadikan letak tahura ini,” kata Fitriany menambahkan.

Berita lain dengan Judul: Walhi sebut 6.000 ha area rimba di Aceh jadi area pertambangan

Berita lain dengan Judul: Wali Nanggroe: Hutan Aceh alami deforestasi 10 ribu hektare per tahun

Ia meminta kepada organisasi pemerintah wilayah (OPD) dan pihak yayasan agar dapat dibuatkan tim-tim kecil, guna menindaklanjuti pembukaan letak Tahura di Kabupaten Nagan Raya, Aceh termasuk dasar hukumnya.

"Tolong kelak mengenai dasar norma mengenai pembukaan letak Tahura ini agar dapat dikaji kembali dan dipelajari juga, agar tidak terjadi halangan di kemudian hari," pintanya.

Fitriany Farhas juga meminta kepada Dinas Pertanahan dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Nagan Raya, agar selalu berkoordinasi dan bersinergi dengan Badan Pertanahan dan Yayasan Haka, agar tanah nang bakal dibuka sebagai Taman Hutan Raya agar di buka seperlunya saja.

"Dibuka seperlunya saja lahan untuk letak Tahura ini, demi kebaikan kita semua, agar anak cucu kita dapat merasakan rimba di wilayah kita ini tetap ada,” tuturnya.

Fitriany mengatakan semua pihak kudu memikirkan juga generasi nang bakal datang, agar jangan sampai generasi selanjutnya tidak bisa menikmati tanah dan rimba nang tetap asri dan segar.

Koordinator Yayasan Haka, Agung Dwinurcahya mengatakan pihaknya bergerak untuk menjaga kelestarian lingkungan berencana bakal membuka Taman Hutan Raya di Kabupaten Nagan Raya, ialah berlokasi di area lahan gambut Rawa Tripa.

Pihaknya mengharapkan agar usulan tersebut dapat diakomodir oleh Pemerintah Kabupaten Nagan Raya, Aceh dan semua pihak demi menjaga ekosistem dan kelestarian lingkungan saat ini hingga di masa depan.

Berita lain dengan Judul: Peneliti PRHIA USK serahkan hasil kajian rimba budaya Aceh ke KLHK

Berita lain dengan Judul: Aceh alami deforestasi 9.383 hektare rimba selama 2022


 

Teuku Dedi Iskandar
Zita Meirina
COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close