Trending

Pemkab Nagan Raya Aceh percepat revisi RTRW dorong investasi - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Suka Makmue (BERITAJA.COM) - Pemerintah Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh melakukan percepatan revisi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Tahun 2015-2035, sebagai upaya mendorong pengembangan investasi, pembangunan dan ekonomi di daerah.

"Percepatan legalisasi revisi RTRW 2015-2035 ini sangat krusial lantaran arsip RTRW tersebut merupakan salah satu arsip daerah," kata Pj Bupati Fitriany Farhas di Suka Makmue, Rabu.

Menurutnya, arsip RTRW nantinya bakal menjadi rujukan bagi pembangunan daerah, sehingga pelaksanaannya dapat terpetunjuk sesuai dengan konsep perencanaan wilayah selama 20 tahun.

Ia juga menjelaskan, pemerintah wilayah kabupaten/kota berkuasa dalam melaksanakan penataan ruang wilayah kabupaten/kota, sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2007 Tentang Penataan Ruang Pasal 11 ayat 2.

Penataan tersebut meliputi perencanaan tata ruang wilayah kabupaten, pemanfaatan ruang wilayah kabupaten, dan pengendalian pemanfaatan ruang wilayah kabupaten.

Adapun kegunaan rencana tata ruang wilayah kabupaten alias kota diantaranya, kata dia, dapat dijadikan sebagai referensi dalam pemanfaatan ruang alias pengembangan wilayah kabupaten alias kota.

Kemudian referensi untuk mewujudkan keseimbangan pembangunan dalam wilayah kabupaten alias kota, dan menjadi pedoman dalam penyusunan rencana pembangunan jangka panjang wilayah dan rencana pembangunan jangka menengah daerah.

Ia juga mengatakan, RTRW juga menjadi referensi letak investasi dalam rilayah kabupaten alias kota nan dilakukan pemerintah, masyarakat, dan swasta, dan menjadi pedoman untuk penyusunan rencana rinci tata ruang di wilayah kabupaten alias kota, serta menjadi referensi dalam manajemen pertahanan.

Fitriany mengatakan, rencana tata ruang wilayah juga dapat mewujudkan keterpaduan pembangunan dalam wilayah kabupaten alias kota, mewujudkan keserasian pembangunan wilayah kabupaten kota dengan wilayah sekitar nya, serta menjamin terwujudnya tata ruang wilayah kabupaten alias kota nan berkualitas.

Teuku Dedi Iskandar
Guido Merung
COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close