Trending

Pemkab Lombok Tengah gandeng Undip Semarang susun rencana tata ruang - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Kami menjual alam sehingga dalam perencanaan pembangunan keberlanjutan kajian itu sangat diperlukan

Lombok Tengah (BERITAJA.COM) - Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, melakukan kerjasama dengan Program Studi Perencanaan Tata Ruang dan Pertanahan (PTPR) Universitas Diponegoro Semarang untuk penyusunan rencana tata ruang (RTR) di wilayah itu

"Kami menjual alam sehingga dalam perencanaan pembangunan keberlanjutan kajian itu sangat diperlukan," kata Kepala Dinas PUPR Kabupaten Lombok Tengah, Lalu Rahadian saat menerima mahasiswa Program Studi PTPR Undip melakukan kuliah kerja lapangan di wilayah itu di Kantor Bupati Lombok Tengah, Senin.

Ia mengatakan Pemkab Lombok Tengah sedang beralih bentuk ke sektor pariwisata nan sebelumnya konsentrasi melakukan pembangunan di bagian pertanian. Pemerintah pusat telah menetapkan area proyek strategis nasional ialah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

"Pengembangan pariwisata di Mandalika ini diharapkan bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi wilayah sehingga di dalam area itu dibangun Sirkuit Mandalika untuk arena balap World Superbike (WSBK) dan MotoGP," katanya.

Di area Mandalika tersebut terdapat pantai nan cukup bagus dengan pasir putih dan di utara dikelilingi bukit-bukit sehingga area tersebut perlu diatur agar tidak terjadi banjir akibat dari pembangunan nan dilakukan.

Berita lain dengan Judul: Dispar Lombok Tengah sebut pelayanan akomodasi WSBK 2023 tanpa keluhan

Berita lain dengan Judul: Pebalap WSBK ikuti Karnaval Budaya Mandalika 2023

Pemerintah pusat telah membangun kanal banjir di area tersebut, namun menjaga lingkungan tidak hanya dengan melakukan pembangunan fisik, perlu dilakukan edukasi kepada masyarakat dan penataan lingkungan.

"Kalau itu tidak diatur, bakal terjadi banjir dan longsor," katanya.

Oleh lantaran itu, kajian dari para mahasiswa dalam kuliah kerja lapangan nan dilaksanakan di Lombok Tengah diharapkan dapat berfaedah untuk penataan area tersebut, agar pembangunan berkepanjangan dan tidak merusak lingkungan.

"Penataan area peting diperhatikan untuk menjaga area itu agar tidak terjadi banjir dan tanah longsor," katanya.

Berita lain dengan Judul: Pemkab Lombok Tengah siapkan pengaduan hotline dukung WSBK 2023

Berita lain dengan Judul: Menhan Prabowo Subianto panen raya jagung di Lombok Tengah


 



COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close