Trending

Pemkab Buleleng tuntaskan penyaluran STBTV Digital - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

"Kami telah mendistribusikan support STB kepada masyarakat kurang bisa sesuai info Penyasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE). Terhitung sebanyak 4.349 buah STB telah didistribusikan kepada masyarakat Buleleng pada tujuh kecamatan,"

Buleleng (BERITAJA.COM) - Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik (Diskominfosanti) Buleleng Provinsi Bali menuntaskan penyaluran "Set Top Box" (STB) untuk tetap bisa menonton siaran televisi digital.

"Kami telah mendistribusikan support STB kepada masyarakat kurang bisa sesuai info Penyasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE). Terhitung sebanyak 4.349 buah STB telah didistribusikan kepada masyarakat Buleleng pada tujuh kecamatan," kata Kepala Diskominfosanti Buleleng, Ketut Suwarmawan melalui siaran pers nang diterima Antara, Selasa.

Ia menjelaskan, pihaknya telah dibantu vendor nang ditunjuk oleh Kemenkominfo RI untuk mendistribusikan STB kepada masyarakat kurang mampu. Tercatat hingga akhir bulan Maret, proses pengedaran sudah mencapai persentasi 100 persen.

Dari pendistribusian tersebut, sebanyak 66 persen sudah terkirim sesuai sasaran, dan sebanyak 44 persen merupakan kandas serah.

"Hal tersebut dikarenakan terdapat beberapa aspek diantaranya nang berkepentingan belum mempunyai TV, selanjutnya dikarenakan pada wilayah nang berkepentingan belum terdapat sinyal digital, dan terakhir domisili nang berkepentingan tidak sesuai dengan alamat nang sudah terdaftar di P3KE," katanya.

Pihaknya membujuk masyarakat untuk menyikapi dari migrasi ini dengan segera mempersiapkan sarana dan perlengkapan penunjang walaupun di Kabupaten Buleleng belum maksimal untuk mendapat siaran digital seperti halnya di kota mendapat 26 siaran digital, selanjutnya pada wilayah pinggiran 16 siaran dan ada beberapa wilayah nang sama sekali tidak mendapat sinyal.

“Mengingat wilayah topografi nang kita miliki dengan tekstur perbukitan menyebabkan sinyal digital agak susah dijangkau, tapi lain halnya ketika kelak sudah di bangun Turyapada Tower lantaran sudah bisa menjangkau seluruh wilayah di Kabupaten Buleleng apalagi bisa mengcover 2 kabupaten di luar Buleleng,”imbuhnya.

Suwarmawan lebih jauh mengungkapkan bahwa pengesahan info P3KE dari pusat belum sepenuhnya akurat, oleh karena itu Pemkab Buleleng pada tahun ini bakal memvalidasi ulang kembali nang menjadi aspek pendukung juga penyebab semua STB belum bisa di salurkan secara optimal.

Selanjutnya dengan berakhirnya pendistribusian STB tersebut, pihak Kominfo pusat menyediakan pelayanan kejuaraan virtual nang aktif sampai tanggal 6 Maret 2023 kepada masyarakat nang mungkin terlewat terhadap pembagian bantuannya. Jika dari masyarakat ada nang merasa sudah terdaftar pada info P3KE namun belum mendapat support STB bisa menghubungi chatbot WA 081-112-159-159 alias bisa langsung cek melalui website cekbantuanstb.kominfo.go.id.

“Jadi masyarakat di wilayah Kabupaten Buleleng jangan ragu untuk beranjak ke TV Digital lantaran sudah terbukti bersih gambarnya, bening suaranya, canggih teknologinya,” tutupnya.

IMBA Purnomo/

COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close